Ciri-ciri Printer Canon MP Rusak Sensornya

Diposting pada

Salah satu kerusakan yang sering terjadi pada printer Canon jenis MP adalah rusak di bagian sensornya. Ini terjadi pada MP237, MP258, MP287. Sensor yang kita maksud adalah sensor kertas dan sensor loader. Sensor kertas bekerj untuk mendeteksi adanya kertas yang lewat, posisi sensor ini ada di atasnya ruang penarik kertas.

Baca juga :   Service Printer Di Ponorogo

Kemudian yang kedua adalah sensor loader yang posisinya ada di sebelah kanan ruang kertas, jika printer menghadap ke kita. Sensor ini bekerja pada saat loader menarik kertas.

Kerusakan pada salah satu atau kedua sensor tersebut mengakibatkan printer tidak bisa bekerja dengan baik. Kondisi ini bisa dikenali dengan ciri-ciri sebagai berikut :

Baca juga :   Pertolongan Pertama Pada Printer Yang Tidak Respon
  1. Printer normal saat di nyalakan.
  2. Saat printer diperintah untuk mencetak juga respon namun berhenti sesaat setelah kertas masuk sedikit.
  3. Muncul kode error E3 pada printer yang menggunakan panel display.
  4. Pada printer non display Lampu orange kedip-kedip 3 kali terus menerus. 3 kali kemudian jeda sebentar, kedip-kedip lagi 3 kali dan jeda lagi, demikian seterusnya
Baca juga :   Ngeprin, Tapi Kertas Tidak Masuk

Kerusakan pada kedua sensor indikasinya hampir sama. Untuk melakukan penggantian sensor kita harus membongkar kesing printer. Sensor bisa diganti unit sensornya saja atau sekalian diganti 1 set.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *