Komponen Setengah Rusak Penyebab Laptop Mati Total

Diposting pada

Salah satu penyebab sebuah laptop mati total adalah adanya komponen yang setengah rusak. Adalah kapasitor SMD mikro yang warnanya coklat tanpa ada penanda spesifikasi di body nya dan non polar kerusakannya tidak selalu short circuit namun bisa juga setengah short circuit. Sehingga ini tidak sepenuhnya menyebabkan tegangan di jalur kapasitor tersebut hilang, namun hanya drop saja.

Misalnya jika kapasitor tersebut ada pada jalur utama 19V, maka kerusakannya bisa menyebabkan tegangan drop menjadi hanya 3,5V saja dan laptop tentu tidak bisa bekerja.

Karena banyaknya komponen kecil ini pada suatu jalur tertentu maka proses pencariannya bisa dilakuka dengan penyuntikan tegangan. Proses penyuntikan dilakukan setelah jalur dipisahkan dari blok yang memproduksi tegangan pada jalur tersebut, tujuannya adalah agar tegangan yang disuntikkan tidak menimbulkan masalah baru. Karena jika tidak dipisahkan maka blok yang memproduksi tegangan bisa berubah menjadi beban yang mendapatkan tegangan dari power supply yang kita gunakan untuk menyuntikkan tegangan.

Baca juga :   Mosfet Charging Aspire 4738

Nilai tegangan yang disuntikkan untuk tegangan 19V bisa di kisaran 5V, jika ampere pada power supply kita tidak naik maka tegangan bisa dinaikkan maksimal sekitar 15V. Kemudian cari komponen yang panas yang menunjukkan bahwa komponen tersebut setengah rusak, setengah short.

Untuk penuntikan tegangan yang lain usahakan dibawahnya. Dan untuk penyuntikan jalur yang terhubung ke chipset maka usahakan ampere pada power supply di turunkan sekitar 50% untuk menghindari resiko kerusakan chipset.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *