Komputer Kantor Sering Mati Sendiri, Ini Solusinya

Diposting pada

Kadang-kadang masalah yang muncul pada komputer itu tidak selalu disebabkan oleh adanya kerusakan pada spare part tertentu yang membutuhkan biaya mahal untuk memperbaikinya, bahkan bisa user lakukan sendiri tanpa harus meminta bantuan teknisi. Salah satu masalah tersebut adalah sering mati sendiri. Ini sering terjadi pada komputer PC di perkantoran.

Walaupun ada kemungkinan disebabkan oleh adanya beberapa masalah serius seperti kipas pendingin prosesor yang macet atau pasta pada prosesor sudah mengering karena sering bekerja ekstra yang akibatnya menghasilkan temperature yang tinggi pada prosesor, atau karena adanya masalah pada VGA jika komputer dilengkapi dengan VGA ekspansion. Bisa juga disebabkan karena adanya masalah pada RAM, kotor atau muncul kerak di bagian pin-pinnya, atau bahkan RAMnya sudah rusak. Namun tidak selalu seberat itu masalahnya.

Ternyata komputer yang sering mati sendiri pada perkantoran sering juga hanya disebabkan karena terlalu tingginya temperatur di ruang dalam komputer yang disebabkan karena peletakan komputer yang tidak pas, kurang fentilasi, diletakkan di dalam ruang atau almari meja yang rapat ( tidak ada jalan udara keluar ), sehingga pada titik temperatur tertentu komputer akan mati sebagai respon proteksi terhadap suhu yang terlalu tinggi.

Baca juga :   Ram Rusak Sebabkan PC Restart Sendiri

Untuk menyelesaikan masalah tersebut kita perlu melakukan beberapa steps sebelum memutuskan bahwa penyebabnya adalah kurangnya fentilasi udara sehingga komputer terlalu panas.

Langkah pertama yang perlu di lakukan adalah buka ruang yang digunakan untuk menempatkan komputer, setelah suhu komputer mulai normal nyalakan dan tunggu untuk mengetahui apakah masih mati sendiri atau tidak.

Baca juga :   Inilah Penyebab Lain Komputer Ngeblank Atau Tidak Menyala

Jika ternyata tidak lagi mati maka ini menunjukkan bahwa memang penyebabnya kurang fentilasi. Sehingga bisa diantisipasi dengan membuka ruang komputer saat komputer digunakan, atau pindah komputer ke tempat yang lebih terbuka sehingga suhunya terjaga tidak terlalu tinggi.

Jika komputer tetap saja mati maka perlu dilakukan pengecekan lebih lanjut dengan membuka kasing untuk mengakses bagian dalam, biasanya kipasnya pendingin prosesor macet, ditandai dengan sulit diputar menggunakan jari tangan, dan tentu saja saat komputer menyala kelihatan tidak bisa berputar atau berputar tapi kelihatan sangat lambat sekali.

Baca juga :   Komputer Build Up Performa Bagus, Tapi...

Atau saat di buka kesingnya kelihatan ruang dalam komputer sangat kotor sekali, maka perlu dilakukan pembersihan total terhadap semua komponen yang ada didalam kesing komputer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *