LCD Laptop Rusak, Bisa Diperbaiki ?

Diposting pada

Kerusakan padal layar laptop yang dikenal dengan LCD sering sekali menjadi momok yang menakutkan bagi pemilik laptop karena biaya penggantiannya tergolong tinggi. Lalu muncul pertanyaan, sebenarnya masih bisa diperbaiki nggak sih layar monitor laptop atau LCD itu jika rusak ?

Pertanyaan ini tentu bisa mendapatkan berbagai jawaban. Pada kondisi tertentu ternyata memang masih saja bisa diperbaiki, tentu hanya bisa dilakukan oleh teknisi professional karena membutuhkan kejelian dalam menganalisa kerusakan.

Kerusakan LCD yang masih bisa diperbaiki diantaranya adalah black screen. Black screen adalah kondisi dimana layar masih bisa memunculkan image atau gambar dan apapun yang akan ditampilakn laptop namun gelap, dengan pandangan biasa kita tidak bisa melihatnya. Dengan memberikan cahaya yang lebih terang pada muka layar maka kita bisa melihat tampilan gambarnya.

Baca juga :   3 Komponen Penyebab Laptop Tidak Tampil

Kerusakan seperti dijelaskan diatas bisa disebabkan karena adanya masalah pada lampu yang bekerja sebagai penerang layar LCD laptop. Dengan lampu tersebut semua gambar yang muncul bisa dengan mudah dilihat oleh pengguna laptop. Pada sistem penerangan tersebut di bagian blok LCD terdapat lampu led dan rangkaian controller yang secara umum supply tegangannya di proteksi oleh sebuah Fuse atau sekring dan Diode. Tegangan ini memiliki jalur sendiri, tidak sama dengan tegangan supply screen. Jadi terdapat 2 tegangan utama yaitu tegangan ke penerangan atau dikenal dengan back light dan tegangan supply ( VCC ) layar ( screen ).

Baca juga :   Laptop Windows 7 Welcome Terus

Dari keterangan diatas bisa diambil kesimpulan bahwa layar gelap bisa disebabkan karena kerusakan lednya atau controllernya atau proteksinya, tinggal dianalisa maka akan ditemukan penyebabnya. Jika proteksi Fuse nya saja yang putus biasanya disebabkan oleh adanya komponen yang short atau konslet. Komponen ini biasanya berupa kapasitor micro SMD atau komponen yang lain.

Untuk kondisi LCD yang unrepairable atau tidak mungkin lagi bisa diperbaiki adalah layar yang pecah, muncul dot seprti tinta tumpah, hilang tampilannya hanya beberapa garis warna warni yang kadang berkedip-kedip, layarnya tidak muncul image sama sekali ( pada kondisi tertentu ), dan kondisi-kondisi lain yang secara visual biasanya bisa terlihat dengan jelas.

Baca juga :   Laptop Asus A455L Mati Total

Dengan bahasan ini maka kita akan lebih mudah menyimpulkan jika ada kondisi tidak normal pada layar LCD monitor laptop kita sehingga kerusakan LCD bisa kita ketahui kemungkinan masih bisa diperbaiki atau memang harus diganti dengan LCD lain yang masih normal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *