USB Laptop Tidak Bisa, Ini Solusinya

Diposting pada

Rasanya ganjil jika USB pada sebuah laptop tidak bisa digunakan untuk mendeteksi flashdisk atau perangkat lain yang di tancapkan pada port tersebut,

Pada kondisi tertentu ini bukanlah masalah serius yang membutuhkan keahlian khusus untuk memperbaikinya, namun bisa juga menjadi hal yang serius yang memerlukan peralatan khusus dan skill khusus tentunya agar masalah tersebut bisa diperbaiki.

Dibawah ini adalah beberapa kemungkinan yang bisa menyebabkan sebuah USB pada laptop tidak bisa berfungsi dengan baik.

  1. Masalah solderan yang kendor. Coba gerak-gerakkan perangkat yang di colokkan ke USB, jika kadang-kadang terdeteksi dan kadang-kadang tidak maka ada kemungkinan solderan port USB kendor. Membutuhkan perangkat solder tentunya untuk memperbaikinya. Jika tidak bisa menangani sendiri sebaiknya bawa ke teknisi terpercaya agar bisa ditangani dengan baik. Jangan ambil resiko dengan membawa masalah ini ke teknisi yang tidak bisa dipercaya karena bisa saja kerusakan merembet kemana-mana.
  2. Masalah Interface. Atau dikenal dengan sebutan driver. Driver ini adalah software yang bisa diinstal pada laptop, bisa kita dapatkan di internet dengan menggunakan patokan type dari laptop kita. Misalnya acer 4738z, kita bisa masuk ke situs resminya acer ( acer.com ) dan menemukan driver support untuk laptop seri 4738z dan temukan driver untuk USB. Atau kita bisa langsung gunakan kata kunci driver usb 4738z di google.
  3. Jika driver USB tidak ada masalah, atau setelah instal driver USB tetap tidak bisa digunakan, maka kemungkinan yang lain adalah systemnya. Install ulang windows bisa memperbaiki keadaan. Sebelum diinstal ulang bisa di cek menggunakan flashdisk yang isinya master bootable, sehingga jika ada masalah pada system flashdisk bisa terdeteksi. Atau tancapkan Flashdisk ke USB dan masuk ke BIOS setup, disana kita bisa cek perangkat yang tertancap di USB. Jika terdeteksi maka masalah ada pada system.
  4. Penyebab USB tidak bisa digunakan selanjutnya adalah adanya masalah pada motherboard. Di bagian motherboard terdapat supply tegangan menuju USB yang jika bermasalah tentu saja perangkat yang dicolokkan tidak akan bisa terdeteksi. Untuk USB 3.0 terdapat IC LDO yang bekerja sebagai controller tegangan supply ke port USB. Jika UC tersebut bermasalah port USB tidak mendapatkan sumber tegangan sehingga tidak bisa mendeteksi perangkat yang dicolokkan. Bisa juga karena adanya masalah pada file BIOS, BIOS corrupt misalnya, ini bisa diperbaiki dengan melakukan flash bios. Namun tentu ini tidak bisa di lakukan oleh sembarang orang. Jika tidak mungkin melakukan sendiri bawa ke teknisi terpercaya di tempat sobat semuanya.
Baca juga :   Tips Temukan Sumber Kerusakan Laptop Yang Tidak Bisa Dinyalakan Dengan Baterai Saja

Ini adalah beberapa penyebab USB pada sebuah laptop tidak bisa digunakan dan tidak bisa mendeteksi perangkat yang dicolokkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *