Ciri-ciri IC Charger Pada Laptop Rusak

Diposting pada

Untuk mengganti IC charger yang ada pada motherboard laptop tidak bisa dilakukan dengan asal asalan saja, perlu dilakukan pengecekan beberapa level tegangan di beberapa titik.

Penggantian ic charger yang asal asalan dengan patokan mengira-ngira pada kondisi tertentu bisa saja berhasil namun akan buang-buang dana, tenaga dan waktu jika ternyata tidak berhasil. belum lagi jika mucul masalah baru yang diakibatkan adanya kesalahan saat proses penggantian.

Salah satu ciri bahwa sebuah ic charger pada motherboard laptop rusak dan harus diganti adalah tidak normalnya tegangan LDO pada IC charger.

Baca juga :   Laptop tidak bisa masuk Windows

LDO atau Linier Drop Out, Penurunan Secara Langsung, Dimana muncul tegangan secara langsung pada pin ini saat IC mendapatkan sumber tegangan ( VCC ) dan suber pemicu. LDO ini Selalu ada pada salah satu pin atau lebih di IC charger.

Misalnya pada IC BQ24735, memiliki sebuah pin LDO dengan kode REGN yang mengeluarkan tegangan 6V saat mendapatkan tegangan sumber di pin VCC dan mendapatkan tegangan pemicu di pin ACDET dengan nilai sekitar 2V. Nah, jika VCC dan ACDET sudah mendapatkan tegangan sesuai dengan yang seharusnya dan REGN tidak mengeluarkan tegangan, maka bisa dipastikan 90% IC rusak, kemungkinan lain yang sekitar 10% adalah adanya kerusakan pada kapasitor yang memang harus dipasang pada pin REGN, Atau pada kondisi lain, REGN mengeluarkan tegangan melebihi 6V, 11V misalnya, maka ini menyebabkan IC tidak bisa bekerja dengan normal. Karena tegangan yang dikeluarkan oleh pin LDO tersebut di manfaatkan untuk keperluan lain oleh IC. Biasanay efeknya jika tegangan REGN terlalu besar menyebabkan tegangan pada Vin drop, bisa hanya 4V saja dengan sumber tegangan dari charger 19V.

Baca juga :   Inilah Penyebab Asus X401U Tidak Bisa Charging

Demikian juga ini terjadi pada IC charger model yang lain. Jadi salah satu ciri-ciri IC charger rusak adalah tidak muncul tegangan LDO.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *