Laptop Bunyi Namun Layar Gelap Gulita

Salah satu problem yang muncul pada laptop adalah bisa dinyalakan dan muncul bunyi greeting Windows dan tombol Capslock serta numlock juga bekerja dengan baik namun layarnya gelap gulita dan laptop ini bisa bekerja normal saat dihubungkan dengan eksternal monitor.

Tentu saja kita bisa dengan mudah menebak kemungkinan besar layarnya ( LCD ) rusak, lalu pertanyaannya adalah haruskah kita mengganti layar begitu saja ?

Pada kondisi tertentu ternyata tidak harus, masih bisa diperbaiki karena salah satu penyebabnya adalah hilangnya tegangan supply back light, lampu yang menerangi layar LCD.

Pada layar laptop Asus misalnya, yang model lama. Disana kita bisa melihat ada Fuse yan menjembatani antara sumber tegangan supply backlight dari motherboard dan satu buah IC yang menjadi controller lampu backlight.

IC controller kaki 6 dengan kode U3 seperti pada foto diatas jika short atau konslet mengakibatkan Fuse yang ada di dekat konektor kabel fleksibel putus sehingga lampu backlight tidak mendapatkan sumber tegangan.

Solusinya ganti fuse dan IC tersebut, bisa diambil dari layar laptop yang lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *