Ini Dia Penyebab Laptop Matot Tidak Bisa Diperbaiki

Diposting pada

Hati-hati saat melakukan perbaikan motherboard laptop yang mati total atau dikenal dengan matot yang kadang-kadang teknisi menganggap ini sebagai kerusakan yang sepele sehingga sering tidak mengindahkan hal-hal penting yang bisa saja mengakibatkan kerusakan fatal hingga berujung motherboard tidak lagi bisa diperbaiki.

Salah satu kerusakan laptop matot disebabkan oleh jalur yang short circuit atau konslet di titik Vin 19V yang sekali lagi sering diremehkan teknisi karena hanya disebabkan oleh kapasitor mikro yang short ( konslet ). Padahal bisa saja ini disebabkan oleh hal lain yang bisa lebih berat tingkatannya. Salah satunya adalah terhubungnya jalur Vin 19V ke jalur VCore.

Pada motherboard laptop single chips generasi terbaru yang banyak menggunakan IC LDO pada blok stepdown tegangan, stepdown dari 19V menuju ke VCore juga menggunakan IC LDO ini, jika rusak butuh biaya lebih tinggi. Dan, jika salah penanganan ini bisa mengakibatkan chipset single chips ikutan jebol.

Baca juga :   Biaya Penggantian Chipset Laptop, Single Chips

Sudah pada tahu kan harga single chips core i5 ? Hanya sekitar 6 juta rupiah. Nah loe…

Lalu langkah apa yang bisa mengakibatkan singlechips tersebut ikutan jebol?

Salah satunya adalah terlalu seringnya teknisi atau bahkan user laptop mencoba-coba, memasukkan charger barkali-kali, yang ini mengakibatkan jalur VCore mendapatkan hentakan tegangan 19V berkali-kali, padahal pada kondisi normal tegangan yang masuk hanya 1V lebih sedikit saja. Inilah yang menyebabkan chipset jebol dan tentu untuk menggantinya terasa sangat berat, 6juta bro.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *