Penyebab Suara Feedback Pada Zoom

Diposting pada

Zoom menjadi salah satu aplikasi yang terbanyak digunakan untuk saat ini sebagai sarana conference jarak jauh dengan jaringan online. Hampir semua lembaga pendidikan di Indonesia memilih aplikasi ini untuk keperluan pertemuan jarak jauh yang bisa menghindari adanya tatap muka secara langsung selama musim pandemi covid-19. Salah satu masalah yang sering dihadapi pengguna Zoom adalah munculnya suara mbenging atau dikenal dengan feedback dimana suara terganggu dengan dengunan sehingga tidak bisa dengan jelas di dengarkan.

Hal ini tentu saja sangat mengganggu percakapan selama conference. Apa penyebab munculnya feedback tersebut dan bagaimana solusinya ?

Perlu diketahui bahwa feedback suara muncul karena hasil audio dari salah satu pengguna Zoom terdeteksi oleh mic pengguna Zoom yang lain. Jika suara tersebut terdeteksi dengna jelas maka muncullah feedback atau dengungan frekuensi tinggi yang bisa memekakkan telinga.

Bagaimana solusinya ?

Secara prinsip solusinya adalah membuat agar mic pada perangkat yang digunakan pengguna Zoom tidak bisa mendeteksi suara yang dihasilkan oleh perangkat pengguna yang lain.

Maka secara umum bisa disimpulkan beberapa solusi dari masalah tersebut.

  1. Antara pengguna Zoom satu dengan yang lain sebaiknya tida ada dalam satu ruangan. Atau setidaknya jika ada dalam satu ruangan harus berjauhan.
  2. Jika terpaksa harus satu ruangan maka semua pengguna bisa menggunakan headset.
  3. Untuk mengurangi efek feedback nyalakan Mic salah satu pengguna saja yang memang sedang diperlukan.

Dengan cara diatas maka feedback audio pada Zoom bisa dihindari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *