Klik Kiri Touchpad Dan Analog Laptop Tidak Fungsi, Ini Penyebabnya

Diposting pada

Salah satu masalah yang muncul pada laptop adalah klik kiri yang tidak berfungsi baik menggunakan touchpad maupun klik analog. Ini bisa saja terjadi pada berbagai merk dan type laptop. Sebagiamana yang terjadi pada Laptop Dell yang telah kita tangani beberapa waktu lalu.

Proses pencarian sumber masalah pada kerusakan seperti diatas adalah tentu saja dimulai dari pengecekan kondisi tersebut sebelum laptop masuk Windows. Kita bisa cek pada tampilan BIOS setup, atau dengan mencoba untuk menginstall ulang laptop menggunakan master OS sesuai dengan yang digunakan pada laptop yang sedang ditangani.

Pada tampilan BIOS setup, jika klik bisa digunakan maka ini menunjukkan bahwa masalah ada pada Operating system dan solusinya hanya perlu dilakukan install ulang OS ( Windows, dll. ). Namun jika tetap tidak bisa digunakan berarti ada 2 kemungkinan : BIOS corrupt yang bisa diperbaiki dengan flashing BIOS, dan kerusakan pada hardware.

Baca juga :   Baterai Laptop 0% Terus Tidak Tambah

Pada tampilan proses install ulang OS, jika klik bisa digunakan maka menunjukkan masalah ada pada OS. Jika tetap tidak digunakan maka ada 2 kemungkinan sebagaimana disebutkan diatas.

Setelah dilakukan pengecekan. sebagaimana pada laptop Dell yang telah kita tangani ternyata ada masalah pada hardware. Switch analog untuk klik kiti kita cek ternyata normal, kabel fleksibel dari mainboard menuju touchpada dan klik analog juga normal, maka kita mencoba memanasi chipset menggunakan heater blower dengan suhu 450 oC, hasilnya sukses.

Baca juga :   Mosfet Charging Aspire 4738

Kebetulan chipset yang digunakan pada laptop tersebut adalah chipset PCH yang kali-kalinya ada di bagian bawah chips. Sebagian jenis laptop lain readernya touchpad adalah EC, maka kita bisa mencoba untuk memanasi pin2 pada EC tersebut, atau kita bisa coba lepas pasang EC, karena untuk jenis EC chips lebih mudah dilepas pasang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *