Kupas Tuntas Baterai Laptop Tidak Bisa Naik Prosentasenya

Diposting pada

Membahas tentang masalah proses charging laptop yang tidak sempurna rasanya tidak ada habis-habisnya karena semakin canggih rangkaian elektronika laptop semakin tambah pula kemungkinan yang menyebabkan munculnya masalah charging baterai. Jika laptop dahulu bisa dipastikan bahwa jika ada masalah proses charging hampir selalu disebabkan karena ic charger yang tidak bisa bekerja dengan sempurna, maka laptop terkini yang semakin memaksimalkan fungsi chipset EC menyebabkan EC juga menjadi salah satu penyebab masalah charging baterai pada laptop.

Khusus untuk baterai laptop yang prosentase nya tidak naik-naik padahal indikator pada icon baterai menunjukkan adanya proses charging yang normal, ini lebih disebabkan oleh adanya masalah pada IC charger. Ini terjadi karena IC gagal mendeteksi level baterai. Pada IC tersebut terdapat pin yang terhubung ke port baterai baik secara langsung maupun tidak langsung melalui resistor ( sesuai type laptop ). Pin ini bekerja mendeteksi level atau prosentase baterai selanjutnya memerintahkan IC untuk memutuskan apakan proses charging di teruskan atau di berhentikan. Jika level sudah 100% maka IC memerintahkan mosfet untuk menghentikan proses charging, jika belum 100% IC tetap memerintahkan untuk charging. Maka jika pin tersebut gagal mendeteksi level baterai IC pun tidak bisa memutuskan apa yang harus di perintahkan terhadap mosfet.

Lalu kenapa kok icon baterai pada layar desktop laptop tetap menunjukkan proses charging seperti laptop normal. Ini terjadi karena IC gagal bekerja. Kemungkinan pertama IC tetap melaporkan pada EC bahwa proses charging berjalan normal. Laporan ini keluar dari IC melalui pin PWRGD atau kode lain yang menunjukkan laporan bahwa proses charging berjalan normal.

Baca juga :   Memperbaiki Aspire 4750 Mati total

Kemungkinan kedua IC pin yang bekerja mendeteksi level baterai tetap mendeteksi level rendah pada baterai sehingga IC tetap melaporkan proses charging, namun karena eksekutor yang terhubung langsung dengan mosfet tidak bekerja maka tidak ada arus yang masuk ke baterai.

Semua bertumpu pada adanya masalah pada IC charging. Solusinya adalah dengan mengganti IC sesuai dengan modelnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *