Monitor Mati, Gelap, Ini Penyebabnya

Diposting pada

Ini adalah tentang monitor LCD yang layarnya gelap atau mati padahal lampu indikator menyala, bahkan saat di masukkan ke komputer atau laptop signal diterima ditandai dengan berubahnya warna lampu indikator yang biasanya dari kuning ke biru atau warna lain yang menunjukkan adanya signal masuk ke monitor. Namun layar tetap saja gelap.

Kondisi ini, jika di berikan cahaya lampu pada layar monitor menunjukkan gambar remang-remang membuktikan bahwa monitor bekerja namun lampunya layar mati. Lampu ini dikenal juga dengan istila backlight atau lampu belakang yang bekerja untuk menyinari layar sehingga bisa kita lihat dengan jelas gambar apapun yang muncul pada layar.

Beberapa penyebab masalah tersebut adalah sebagai berikut :

Baca juga :   Bagaimana Jika LCD Monitor Lama Tidak Dinyalakan ?
  1. Lampu backlight rusak. Pada monitor jenis LCD yang masih menggunakan lampu jenis NEON sebagai backlight maka bisa saja lampu neon tersebut rusak. Sebagaimana pada lampu penerangan di rumah kita yang menggunakan NEON menunjukkan warna hita di bagian tepinya saat lampu tersebut rusak, maka lampu backlight LCD pun bisa demikian dan lampu tidak bisa menyala. Kerusakan ini bisa diperbaiki dengan mengganti lampu dengan ayng sejenis.
  2. Inverter rusak. Untuk backlight jenis NEON menggunakan inverter untuk menghasilkan tegangan yang cukup yang bisa menyalakan NEON. Maka jika inverter rusak maka lampu tidak bisa menyala.
  3. Signal pemicu hilang. Sebagaimana perangkat pada umumnya, lampu backlight juga memiliki saklar yang bisa menghidupkan dan mematikan laptop sesuai dengan perintah yang kita berikan baik melalui komputer maupun melakui panel pada monitor. Signal pemicu ini di kontrl oleh blok yang ada pada mainboard monitor, bisa ditelusuri komponen-kmponennya hingga ditemukan apa yang rusak.
Baca juga :   LCD Acer X163W Tidak Nyala

Inilah 3 penyebab yang sering terjadi pada LCD monitor yang layarnya gelap padahal signal dari komputer masuk ke monitor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *