Printer Epson Hasil Blank, Bukan Fuse, Bukan IC Yang Rusak

Sebagaimana sering dibahas mengenai kerusakan pada printer Epson terutama seri L baik L120, L210, L300 dan yang lain dimana hasilnya blank yang hampir semuanya merujuk pada putusnya Fuse pada mainboard atau IC powernya rusak. Ternyata ada penyebab lain yang juga mengakibatkan hasil cetak blank atau hanya putih saja tidak ada tulisan apapun pada kertas cetak.

Penyebab lain tersebut adalah adanya masalah pada Head katrid. Head katrid yang tidak bisa bekerja dengan baik bisa juga menyebabkan masalah seperti disebutkan diatas.

Apakah ini mengharuskan kita untuk mengganti Head katrid yang dikenal harganya sangat mahal itu ?

Tentu saja tidak. Karena pada kondisi tertentu ini hanya disebabkan oleh adanya masalah pada konektor kabel fleksibel yang menghubungkan antara Head dan mainboard. Salah satunya disebabkan karena adanya tinta luber pada konektor tersebut.

Kita tahu bahwa Head ini selalu berdekatan dengan tinta karena memang kerjanya menyemprotkan tinta pada papan cetak ( kertas ), maka hal yang lumrah jika konektornya terkena tinta. Sayangnya konektor ini tidak anti air atau anti tinta, sehingga jika tinta yang luber sampai ke konektor menyebabkan Head bermasalah.

Bahkan pada kondisi tertentu jika tidak segera dibersihkan akan menyebabkan kabel fleksibel rusak di bagian ujungnya yang tertancap pada konektor tersebut.

Maka segera cek bagian konektor tersebut dan jika terlihat ada tinta segera dibersihkan, Jangan tergesa-gesa melakukan testing sebelum konektor benar-benar bersih dari tinta dna kering.

Inilah penyebab lain yang mengakibatkan sebuah printer epson seri L hasil cetaknya blank, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *