Salah satu Ciri-ciri Chipset Singlechips Rusak

Diposting pada

Singlechips, perangkat keras yang terkenal pada generasi teknologi terbaru pada laptop sekarang sering digunakan oleh pabrikan berbagai merk laptop. Selain membutuhkan power ringan yang efeknya bisa mengirit penyedotan baterai, perangkat ini dikenal mampu mempercepat kinerja sebuah laptop.

Lalu bagaimana jika perangkat singlechips tersebut rusak ? Bagaimana teknisi bisa mengenali kerusakannya ?

Pertanyaan tersebut sering kali menjadi hal yang sulit dijawab terutama bagi teknisi kawakan yang males move on, males mengikuti perkembangan teknologi sehingga kurang bisa mengenali kerusakan-kerusakan yang terjadi pada laptop dengan teknologi mutakhir.

Pada bahasan ini kita akan tunjukkan beberapa ciri-ciri kerusakan yang bisa mengarah ke singlechips.

Baca juga :   Cara Mudah Reset Chipset IO
  1. Laptop Matot. Sebagaimana diketahui bahwa sumber supply tegangan pada singlechips ini adalah langsung dari sumber power utama, dari charger atau dari baterai. Secara fisik hanya dipisahkan oleh mosfet saja. Tentu mosfet dengan beragam jenisnya, ada yang mosfet berdiri sendiri ada juga yang nyatu dengan IC atau dikenal dengan IC LDO. Jika pemisah antara singlechips dan sumber power konslet maka jalur utama akan short circuit yang mengakibatkan laptop matot, mati total.
  2. Laptop nyala tapi nge-blank, layar hanya gelap saja dan tidak bisa proses booting yang salah satunya ditandai dengan lampu capslock dan numlock tidak bisa menyala saat di pencet-pencet. Ini bisa jadi disebabkan karena tidak munculnya tegangan pada supply prosesor atau dikenal dengan VCC Core yang disebabkan karena kerusakan pada Prosesor
  3. VCC Gfx Tidak muncul. Ini bisa juga disebabkan karena nilai capasitive pada jalur ini tidak memenuhi syarat, bisa juga disebabkan karena chips telah rusak. Karena pada single chips Prosesor dan Grafik chips ada dalam satu chips maka kerusakan pada jalur Gfx juga menyebabkan Chipset singlechips ini tidak mau bekerja.
  4. Laptop Mati secara tiba-tiba, yang disebabkan oleh temperature yang sangat tinggi pada singlechips padahal kipas pendingin dalam kondisi OK. Jika flashing BIOS tidak bisa membantu masalah ini maka besar kemungkinan singlechips telah rusak.
  5. Ciri-ciri lain yang menunjukkan singlechips rusak adalah chipset ini tetap saja dingin pada laptop dinyalakan. Tentu saja laptop nge-blank tidak menampilkan gambar apapun pada layar monitor dan proses booting tidak berjalan.
Baca juga :   Cara Bungkar Pasang Chipset IO

Inilah beberapa ciri kerusakan yang mengarah pada singlechips. Penanganan pergantian chipset jenis ini memang mahal karena membutuhkan peralatan profesional disamping harga chipsetnya sendiri juga mahal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *