Ketika Prosesor Tidak Panas Sama Sekali

Diposting pada

Salaj satu masalah yang terjadi pada perangkat komputer baik laptop maupun jenis desktop adalah blank atau black screen dimana komputer bisa dinyalakan namun tidak tampil apapun pada layar monitor atau lcd screen pada laptop dan prosesor temperaturnya dingin. Padahal pada kondisi normal seharusnya prosesor panas pada saat bekerja.

Apakah hal ini disebabkan karena prosesor rusak ?

Jawabannya bisa iya bisa juga tidak. Secara teori biasanya pada prosesor yang dingin tidak ada tegangan supply yang masuk, sehingga sama saja seperti prosesor yang tidak diaktifkan. Pertanyaannya adalah apa yang menyebabkan tegangan tidak masuk ke prosesor.

Baca juga :   IC Kontrol VCore Pada Laptop

jika yang kita bicarakan adalah supply tegangan maka di sini ada 2 hal penting, sumber dan beban. Sumber adalah blok yang menghasilkan tegangan dan beban adalah yang memanfaatkan tegangan tersebut, dalam hal ini adalah prosesor.

Pada motherboard komputer baik laptop maupun laptop selalu ada system proteksi yang bisa mengendalikan proses pengaliran tegangan tersebut dari sumber hingga ke beban.

Maka dalam proses pengecekan ada tiga blok yang harus di lakukan pengecekan, sumber beban dan system proteksi. Jadi tidak selalu prosesornya rusak.

Yang pertama adalah blok sumber tegangan. Secara umum ini adalah berupa rangkaian PWM berupa sebuah ic controller dan satu pasang mosfet yang bekerja untuk membentuk pulsa tegangan sesuai dengan yang diinginkan sesuai denga, spesifikasi dan karakteristik prosesor sebagai bebannya. Jadi ic dan mosfet tersebut adalah kompone intinya, yang tentu saja dibantu dengan komponen-komponen pendukung yang terhubung langsung dengan komponen2 inti tersebut.

Baca juga :   Komputer Intel Xeon Mantap Habis

Pada prosesor yang ada masalah di komopnen internalnya, bisa juga menyebabkan tegangan dari sumber tidak bisa masuk. Kondisi ini dideteksi oleh adanya system proteksi. Prosesor mengeluarkan signal yang menunjukkan bahwa semua parameter dalam kondisi OK, signal inilah yang akan diolah oleh system proteksi yang mengizinkan sumber tegangan memproduksi tegangan secara terus menerus. Sehingga jika signal tidak keluar maka system proteksi menganggap ada masalah pada prosesor dan memberikan perintah pada sumber tegangan untuk tidak memproduksi tegangan.

Baca juga :   Komputer Intel Xeon Mantap Habis

Jadi inilah poin-poin pentingyang harus diperhatikan pada saat melakukan pengecekan pada komputer yang prosesornya sama sekali tidak panas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *