Biaya Ganti Keyboard Laptop Asus Lebih Mahal

Diposting pada

Biaya penggantian keyboard laptop rata-rata memang sama pada beberapa model, namun untuk model laptop Asus generasi baru memang lebih mahal. Kenapa ini bisa terjadi ? Karena proses penggantiannya lebih rumit, Baca terus artikel ini hingga tuntas untuk mengetahui alasannya lebih detail.

Penggantian keyboard, sebagaimana kita telah tahu bahwa ini hanya membutuhkan pelepasan keyboard yang lama dan kemudian diganti dengan yang baru, sangat mudah dan tidak memerlukan keahlian khusus, namun ini tentu saja hanya berlaku pada laptop model-model tertentu. Jadi tidak semua keyboard bisa dengan mudah di lepas pasang.

Demikian yang terjadi pada laptop jenis Asus, terutama yang type slim generasi tahun-tahun terakhir. Untuk mengganti keyboard pada laptop model ini, teknisi memerlukan waktu lebih lama untuk melakukan step-step penggantian sebagai berikut :

Baca juga :   Laptop Diganti Keyboardnya Tetap Tidak Normal
  1. Melepas baut kesing laptop. Teknisi harus melepas semua baut kesing laptop untuk mengakses konektor keyboard tang terhubung ke motherboard.
  2. Melepas konektor kabel fleksibel keyboard. Step ini memerlukan tingkat kehati-hatian super tinggi, karena pada kondisi ini, baterai laptop masih terpasang, sangat beresiko terjadi kerusakan pada motherboard jika tidak hati-hati. Pada alngkah ini teknisi juga harus melepas kabel fleksibel touchpad.
  3. Memisahkan keyboard dari frame nya. Setelah unit keyboard terpisah dari motherboard dan unit kesing bagian bawah laptop, maka keyboard harus dipisahkan dari frame nya. Langkah ini membutuhkan peralatan pemanas, solder ataupun pemanas heater blower ( solder uap ), karena pengunci-pengunci keyboard tidak menggunakan baut/scrup, namun menggunakan pengunci plastik permanen jadi harus di panaskan agar bisa dilepas.
  4. Pemasangan keyboard baru. Lalu keyboard yang baru dipasang sesuai dengan posisi semula. Setelah pada posisi yang tepat, harus dikunci lagi menggunakan pemanas solder.
Baca juga :   2 Hal Penting Saat Ganti Keyboard Laptop

Setelah langkah-langkah diatas dilakukan maka keyboard yang telah menyatu dengan framenya yang sekaligus menjafi upper kesing dari laptop, bisa dipasang lagi ke unit laptop. Dan harus diketahui bahwa pemasangan kabel fleksibel keyboard menuju motherboard adalah pada kondisi baterai sudah terpasang, sehingga terdapat teganagn aktif di konektor kabel keyboard. Kesalahan pada langkah ini bisa berakibat fatal.

Baca juga :   Keyboard Rusak Percuma Diperbaiki, Benarkah ?

Inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa penggantian keyboard laptop Asus jauh lebih mahal. Dan tentu saja ini juga berlaku pada model laptop lain yang menggunakan system yang sama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *