Laptop Baru Intel Celeron VS Core 2 Duo

Diposting pada

Mana yang lebih handal dari kedua laptop yang menggunakan prosesor intel Core 2 duo dengan Intel Celeron ? Yuk kita diskusikan bahasan ringan ini.

Sebagaimana telah kita ketahui bahwa untuk mendapatkan laptop baru, pada saat ini, jika dana kita terbatas, tidak lebih dari 6 juta maka pilihannya yang ada adalah Laptop dengan prosesor Intel Celeron, dengan merk apapun.

Sebagai teknisi, kita pasti sering membandingkan antara laptop celeron dan core 2 duo. Ini terjadi karena tidak jarang kita dapati bahwa laptop Core 2 duo lebih enak di pake ketimbang Celeron. Lalu muncul pertanyaan lagi, kenapa kok laptop core 2 duo sudah tidak ada lagi yang baru. Apakah memang Celeron lebih unggul ?

Tidak bisa dipungkiri, dilapangan memang masih sering dijumpai laptop jadul dengan prosesor core 2 duo, jika sama-sama menggunakan RAM 4GB maka rasanya lebih enak digunakan ketimbang laptop baru Celeron.

Baca juga :   Komputer Intel Xeon Mantap Habis

Tidak sedikit user yang kecewa dengan performance yang ditunjukkan laptop Celeron, meskipun baru. Bahkan pada saat pengisian OS Windows 10 pada laptop Celeron yang baru sudah terasa lemotnya. Ini fakta yang walaupun tidak selalu, namun sering sekali di jumpai.

Kalau kita melihat spesifikasi resmi dari kedua prosesor tersebut maka kita dapatkan bahwa ini memang prosesor jenis low-end level yang tidak memungkinkan untuk di gunakan menjalankan aplikasi berat apalagi multi tasking atau membuka banyak aplikasi dalam satu waktu. Maka Untuk core 2 duo sudah tidak lagi digunakan pada laptop baru.

Namun Intel Celeron masih banyak terpasang pada laptop baru, hingga artikel ini ditulis. Alasannya apa ?

Baca juga :   Ketika Prosesor Tidak Panas Sama Sekali

Kita tidak memberikan jawaban resmi pada artikel ini, namun kita akan tunjukkan analisa teknis berdasarkan pandangan kita sebagai teknisi laptop.

Jadi, Chipset jenis mutakhir yang sering digunakan pada laptop varian terbaru adalah singlechips. Dan perlu diketahui bahwa sejak munculnya single chips, dimana antara CPU dan GPU ada di dalam satu chips, belum pernah muncul spesifikasi Core 2 Duo, Celeron banyak. Salah satu alasan yang memungkinkan penggunaan prosesor ini pada single chips adalah karena tidak menyedot terlalu banyak power. Berbeda dengan core 2 duo yang membutuhkan power lebih tinggi. Singlechips banyak digunakan pada laptop model Slim, yang pabrikan berusaha sebisa mungkin untuk mempersimple komponen pada bagian interior laptop, efeknya ruang untuk baterai juga di bikin sempin dan tipis. Maka penggunaan komponen yang low power akan sangat membantu, baik untuk penyesuaian ruang ataupun untuk memperawet baterai agar tidak segera habis muatannya.

Baca juga :   IC Kontrol VCore Pada Laptop

Lalu kenapa Core 2 duo lebih terasa gesit ? Pertanyaan ini tidak selalu benar dalam berbagai kondisi. Karena pada penggunaan Windows 10, pada model laptop tertentu tetap saja Celeron lebih gesit, tentu saja bukan yang speknya terlalu rendah ( Celeron yang agak tinggi ). Namun pada Windows 7, kita tetap lebih memilih Core 2 Duo, lebih terbukti enaknya. Bagaimana menurut kamu ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *