Nge-print Selalu Lebih dari 1 Lembar, Solusi Problem Printer Epson

Diposting pada

Printer epson menjadi pilihan terbanyak kedua setelah Canon bahkan mungkin sekarang menjadi pilihan terbanyak di Indonesia setelah banyak masyarakat merasakan keluhan pada Printer kelas rakyat Canon sebelum meluncurkan printer berkwalitas lebih bagus dengan dilengkapi inktank akhir-akhir ini. Pemilihan masyarakat terhadap printer Epson tentu saja bukan tanpa alasan. Salah satu nya adalah terbukti printer ini memiliki performa yang bagus meski ada yang merasakan kinerjanya yang agak lambat.

Meski demikian, bukan berarti printer ini tidak memiliki masalah sama sekali. Sebagaimana perangkat elektronika yang lain, perangkat ini akan rusak juga setelah pemakaian dalam jangka waktu lama. Salah satunya adalah pada saat printer mencetak kertas yang keluar selalu lebih dari 1 lembar. Bisa 2 lembar, 3, 4 atau bahkan kadang juga normal 1 lembar per 1 lembar perintah cetak.

Apa yang menyebabkan muncuk masalah tersebut ?

Baca juga :   Printer Brother DCP-1510 USATO Mati, Ini Salah satu Penyebabnya

Secara umum ini disebabkan oleh adanya kinerja yang tidak normal pada roller pickup atau dikenal juga dengan istilah ASF Pickup Roller. Perangkat ini, pada Epson seri L misalnya di install di bagian bawah tray kertas yang posisinya tepat di bawa roller bagian atas yang memiliki fungsi utama menarik kertas. Pickup roller ini bekerja sebagai penahan kertas di bagian bawah pada saat roller atas menarik kertas pada saat proses cetak dilakukan, sehingga kertas tidak tertarik semua.

Baca juga :   Pertolongan Pertama Pada Printer Yang Tidak Respon
Roller pada Printer EPson seri L

ASF Pickup roller memiliki komponen pegas atau per di bagian dalamnya yang memungkin perangkat ini hanya bisa memutar satu arah saja dan tidak bisa sebaliknya. Ini pun perputarannya agak berat. Nah, jika rusak maka roller akan dengan mudah bisa diputar ke berbagai arah tanpa ada hambatan. Kerusakan ini apda umumnya disebabkan oleh per atau pegas yang patah di bagian ujungnya yang berbentuk L untuk menahan putaran roller.

Baca juga :   Warning Printer Tidak Muncul Pada Monitor, Kenapa ?
Pickup Printer Epson Seri L

Perbaikan pada kerusakan tersebut bisa dilakukan dengan membentuk kembali ujung pegas yang patah sebagaimana sebelumnya jika masih memungkinkan dan jika sudah parah maka harus dilakukan penggantian unit Pickup roller.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *