Pakai Monitor Eksternal Nyala, Internal Mati, Perhatikan Hal ini

Diposting pada

Sebuah laptop ada kalanya bisa berjalan normal ketika kita hubungkan ke monitor eksternal baik melalui port VGA maupun HDMI namun layar internalnya justru tidak bisa menampilkan tampilan apapun. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal yang membutuhkan analisa leih lanjut agar tidak salah dalam memutuskan.

Kesalahan dalam memutuskan tentu berakibat kerugian materi dan waktu. Misalnya kita tergesa-gesa membelikan pengganti layar dengan yang baru, dan ternyata tidak disebabkan oleh karena kerusakan layar, maka penggantian tersebut tentu tidak membuahkan hasil. Dan, layar yang sudha terlanjur dibeli akan tidak terpakai, sia-sia.

Atau keputusan lain yang ternyata tidak membuahkan hasil. Maka hal-hal berikut yang bisa kita lakukan untuk memutuskan sumber kerusakannya.

Baca juga :   Laptop Kadang Tampil Kadang Tidak
  1. LCD rusak. Ini terjadi jika laptop bisa normal menggunakan eksternal monitor namun layar mati. Kemudian tegangan supply ke layar, bisa di cek pada konektor di mainboard layar. Kita tahu bahwa ada 2 buah tegangan supply yakni ke backlight dan ke main screen atau layarnya itu sendiri. Jika kedua tegangan tersebut normal dan Fusenya juga tidak rusak, maka bisa dipastikan lcd rusak.
  2. Fleksibel Rusak. Kabel fleksibel bisa saja putus di tenganh jalan, yang ditandai dengan adanya tegangan supply yang normal di konektor yang ada pada motherboard namun pada konektor yang ada di mainboard lcd tidak muncul tegangan. Hal ini bisa dipastikan bahwa kabel bermasalah, maka solusinya adalah dengan mengganti kabel fleksibel.
  3. Ada masalah di motherboard. Sumber supply tegangan layar tentu saja kita telah tahu bahwa ini berasal dari motherboard. Kita bisa cek pada konektor LVDS di bagian motherboard kondisi tegangan yang menuju ke layar, jika di sini saja tidak ada tegangan baik saat layar dilepas maupun saat layar dipasang menunjukkan bahwa pada motherboard terdapat komponen yang bermasalah. Untuk menemukannya tentu kita perlu menganalisa motherboardnya. Kita telusuri darimana sumber utama tegangan supply layar.
Baca juga :   Laptop Diganti Keyboardnya Tetap Tidak Normal

Proses analisa ketiga langkah diatas akan lebih mudah dilakukan jika kita memiliki skema sesuai dengan model laptop yang sedang kita perbaiki.

Lakukan pengecekan dengan hati-hati, steps diatas bisa dijadikan sebagai referensi agar kemungkinan salah analisa bisa diminimalisir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *