Warning Printer Tidak Muncul Pada Monitor, Kenapa ?

Diposting pada

Pada saat sebuah printer di perintah untuk melakukan pencetakan maka status printer akan muncul pada layar monitor komputer maupun laptop baik itu status normal ataupun status error jika terjadi gagal cetak disebabkan oleh hal-hal tertentu.

Warning error itu kerap dijadikan patokan untuk mengetahui masalah apa yang terjadi pada printer dan apa yang menjadi penyebabnya. Misalnya error B200 pada printer IP2770 yang di miliki oleh pabrikan Canon. Error B200 itu muncul pada layar monitor komputer pada saat printer diberikan perintah mencetak halaman tertentu.

Namun, apa jadinya jika warning error pada printer tidak muncul pada layar monitor ? Kenapa warning ini tidak bisa muncul ?

Baca juga :   Nge-print Selalu Lebih dari 1 Lembar, Solusi Problem Printer Epson

Salah satu penyebabnya adalah pengguna komputer/laptop tidak menginstall driver bawaan printer denga sempurna. Sebagaimana kita telah tahu pada OS tertentu, Windows 10 misalnya, ketika kita menancapkan printer ke komputer melalui port USB maka Windows akan berusaha menginstall drivernya secara mandiri, dan ketika instalasi driver berhasil, dalam arti windows memiliki driver ( basic driver ) yang cocok dengan printer tersebut, maka printer langusng bisa digunakan untuk mencetak. Namun, perlu di ketahui bahwa ini hanyalak driver dasar atau basic saja yang memungkinkan kita untuk menggunakan printer untuk mencetak, tidak termasuk fitur-fitur yang diberikan oleh pabrikan printer. Maka, meski kita bisa menggunakan printer, namun fitur-fitur nya tidak bisa muncul termasuk tampilan warning jika terjadi error pada printer.

Baca juga :   Error P02 Pada Canon MP258

Maka solusinya adalah dengan menginstall driver bawaan printer dengan sempurna. Driver ini ada di dalam CD bawaan printer atau bisa juga kita download di sutus resmi pabrikan printer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *