3 Komponen Penyebab Laptop Tidak Tampil

Diposting pada

Salah satu penyebab sebuah laptop tidak tampil atau black screen adalah adanya masalah pada VCore dan ternyata pada jalur VCore ini terdapat 3 komponen penting yang sering menjadi penyebab bermasalahnya VCore pada sebuah laptop.
Komponen ini adalah Tantalum capacitors, Mosfet dan Stepdown IC controller.

Mosfet pada jalur VCore

Pada gambar diatas, adalah beberapa mosfet yang ada pada jalur utama VCore pada sebuah laptop Acer, secara umum terdapat 4 buat mosfet pada jalur ini.

IC stepdown jalur VCore

Dan ini adalah ic stepdown controller yang bekerja sebagai pengatur tegangan pemicu mosfet sehingga tegangan sumber laptop 19V bisa diturunkan menjadi kira-kira 1,05V ( VCore ) dan digunakna oleh prosesor untuk melakukan tugasnya. Dan komponen satu lagi yang juga penting adalah Tantalum Capacitors yang secara teori berfungsi mengurangi ripple tegangan sehinggan tegangan DC yang masuk ke VCore bisa benar-benar halus.

Baca juga :   Ketika Service Center Suruh Ganti Motherboard, Gimana nih?

Apa efek dari masalah Vcore ini?
Secara umum efek dari Vcore tidak keluar adalah tentu saja laptop tidak bisa menampilkan gambar apapun dan tidak bisa booting namun masih bisa dinyalakan ditandai dengan kipas yang berputar normal, lampu indikator power menyala normal dan proses charging juga berjalan normal, para teknisi biasa menyebut hal ini sebagai Black Screen.

Baca juga :   Komponen Setengah Rusak Penyebab Laptop Mati Total

Tanda lebih detail dari masalah ini adalah saat laptop ditekan tombol powernya maka laptop menyala indikator powernya beserta kipas, dan jika tombol power ditekan lagi satu kali tanpa ditahan maka laptop langsung mati, ini biasanya disebabkan karena IC stepdown bermasalah atau rusak.

Dan laptop bisa tampil dan booting namun tidak berhasil sampai masuk windows, restart terus berulang-ulang, ini biasanya disebabkan karena kapasitor tantalum di jalur VCore juga yang bermasalah seperti kita sudha bahas di session terdahulu.
Demikian gambaran secara umum masalah VCore pada sebuah laptop semoga bermanfaat.

10 thoughts on “3 Komponen Penyebab Laptop Tidak Tampil

  1. Berapa kisaran biya service IC stepdown ya mas? sepertinya notebook samsung saya ic stepdownnya, soalnya saat di tekan tombol power lampu dan kipas nyala tapi monitor gak ada tanda2 kehidupan, trus klo di teken tombol power langsung mati…

  2. Mas laptop saya tiba2 mati(layar monitor) atau blackacreen, dan tidak lama kemudian disusul dengan batre yang tk bisa di cas ( ket: 0% available plugged in not charging) apakah itu ada hubungannya, mohon bantuannya sampai sekarang belum fix. Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *