Penyebab Laptop Toshiba Booting Normal Black Screen

Diposting pada

Kali ini kita sedang mengerjakan sebuah laptop toshiba dengan masalah black screen tapi proses booting terlihat normal ditandai dengan respon keyboard saat capslock ditekan lampu indikatornya bisa merespon dengan baik.

Indikasi pertama yang sudah kita tangkap adalah VGA tidak bekerja dengan normal karena suhunya benar-benar dingin seperti tidak ada sumber tegangan yang masuk, maka anlisa akan kita mulai dari tegangan supply VGA yang dikontrol oleh sebuah IC step down dan ada beberapa mosfet dan SMD kapasitor yang perlu di lakukan check up lebih lanjut, posting ini segera kami share barangkali ada temen-temen yang ingin mengikuti kelanjutan step yang akan kita lakukan atau mungkin juga ada masukan buat yang sudah pernah menemui masalah seperti ini, semoga bermanfaat,

Update 1
Beberapa bagian yang kita sudah curigai adalah ic stepdown PU6 dengan seri IC TPS5146, dan tegangan di PL10 yang tidak bisa keluar.
PU6 dalam hal ini kita curigai karena ini adalah kontrol supply tegangan gfx ke VGA, karena VGA tidak panas sama sekali maka bisa jadi penyebabnya adalah karena PU6 tidak normal.

Baca juga :   Penyebab Umum Laptop Tidak Bisa Nyala

Kemudian entah mengapa tegangan pada PL10 juga tidak bisa keluar sama sekali bahkan saat proses booting sudah dimulai. Sayangnya kita belum mendapatkan file skema untuk motherboard jenis ini.

Toshiba Booting Normal Black Screen
Toshiba Booting Normal Black Screen

Update 2
Alhamdulillah skema motherboard sudah kami dapatkan, silahkan ke sini : Skema M840. Selanjutnya langsung menuju jalur Vgfx yang dalam skema ini menggunakan kode +vgpu_core.

Baca juga :   Menganalisa Laptop Yang Suka Mati Sendiri

Dan ternyata +vgpu_core di kontrol oleh ic stepdown PU9 dengan mosfet PQ5028.

Maka analisa selanjutnya adalah melakukan cek tegangan dan resistansi pada titik ini ( vgpu_core ) yang ada di bagian out mosfet PQ5028, dan hasilnya adalah tidak ada tegangan sama sekali. Penyebab tentu saja ada 3 kemungkinan besar : Mosfet rusak, ic stepdown rusak, atau chipset VGA yang rusak.

7 thoughts on “Penyebab Laptop Toshiba Booting Normal Black Screen

  1. gan, boleh tanya ga gan, ane punya laptop toshiba M840 juga, masalahnya kalo main game berat layarnya blank tapi laptop tetap jalan (keyboard respon, lampu hidup semua, kipas jalan, suara msh ada). Tapi kalo laptop ini normal kalo dipake buat kerjaan ringan kayak browsing, ketik, dengerin lagu.Kira2 apanya ya gan? VGA, Mosfet, apa IC stepdown?

    1. gan saya punya masalah dengan hal yang sama layar mati namun mesin tetap menyala….untuk semua aplikasi yg saya nyalakan berjam” aman…
      namun saat main game seperti CS dll langsung layar blank dan mesin semua menyala suara lagu dr browser juga ada….
      kira” penyebabnya apa yah
      toshiba satellite m840
      VGA HD 7600
      speck i7

      1. layar matinya timenya random
        mau laptop baru nyala atau sudah lama….
        cuman di saat main game doang mendadak layar black screen
        tolong gan pencerahannya

  2. Pak, saya punya acer z1402 susah tampil. kadang harus hidupkan beberapa kali baru tampil. tekan on sekali kalo ditunggu ga tampil, harus matikan paksa. baru tekan on lagi baru tampil. itu juga agak lambat muncul logo acernya.
    Bios sudah saya flash ulang masalah masih sama. component susah saya perhatikan ga ada yg rusak. kira2 masalah di mana ya? thanks

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *