Penyebab Proyektor Epson EB-X Mati Total

Diposting pada

Ini hal yang sering terjadi penyebab proyektor Epson EB-X… mati total adalah karena kemasukan seekor cicak yang menyebabkan beberapa komponen yang aga di bagian Power supply rusak. Kerusakan ini bisa saja menyebabkan proyektor tidak bisa dinyalakan atau kadang juga menyebabkan listrik di rumah “njeglek” atau mati karena seperti ada jalur yang short.

Nah, ada beberapa komponen yang perlu lebih kita perhatikan daripada komponen lain yang bisa saja juga butuh perhatian namun kadang jarang sekali rusak. Komponen tersebut adalah : Elco, deoda dan SMD capacitor atau kapasitor kutu.

Ketiga komponen tersebut diatas sangat sering mati, short, jika power supply proyektor Epson EB-X… kemasukan cicak, karena komponen tersebut ada di bagian yang dipayungi oleh lempengan pendingin dan di dalamnya ada ruang setinggi tubuh cicak agak tinggi sedikit dan ruang ini sangat nyaman buat cicak yang akan bertelur karena sangat terlindung ( dalam dunia cicak ), sehingga sering sekali kejadian tragis ini terjadi dimana saat proyektor dimasuki sumber listrik dan listrik masuk ke bagian input proyektor maka cicak langsung tersengat listrik yang menyebabkan tubuhnya meleleh dan tidak langsung meleleh karena butuh waktu juga untuk menghabiskan cairan pada tubuh cicak. Saat tubuh cicak sudah mengering maka proses sengatan listrikpun akan berakhir dan cicakpun tentu saja mati dan tubuhnya terluka. Saat terjadi proses sengatan tersebut ada proses over current atau aliran arus listrik yang berlebihan dan menyebabkan beberapa komponen diatas rusak, bisa elco yang meledak atau deoda yang short.

Baca juga :   5 Penyebab Laptop Mati Total, Hindari !

Jika deoda short, maka saat kita memasukkan listrik ke proyektor listrik rumah langsung “njeglek”. Jika Kapasitor SMD short maka bisa juga listrik njeglek atau proyektor mati total dan tidak njeglek karena Fuse putus.
Ini adalah hal-hal yang menyebabkan proyektor Epson mati total yang sering terjadi dan bisa saja penyebabnya adalah komponen yang lain namun bisa saja jarang terjadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *