Penyebab Umum Laptop Tidak Bisa Nyala

Diposting pada
Penyebab Umum Laptop Tidak Bisa Nyala

Beberapa penyebab umum laptop tidak bisa nyala adalah sebagai berikut :

1. Charger rusak. Jika charger rusak dan laptop kehabisan baterai tentu laptop tidak akan bisa dinyalakan karena tidak adanya sumber energi.
2. Tombol power bermasalah. Ada beberapa kondisi yang menyebabkan tombol bermasalah diantaranya adalah tombol nyantol sehingga tanpa ditekanpun tombol mencet terus menerus, tombol rusak sehingga saat ditekan tidak ada respon dan tidak beroperasi, kabel tombol power putus ( untuk tombol yang menggunakan kabel. Masalah pada tombol tersebut mengakibatkan laptop tidak bisa dinyalakan.
3. Baterai rusak dan port charger rusak.

4. System proteksi mengunci. Proteksi ini ada pada motherboard, biasanya melakukan penguncian pada kondisi tertentu misalnya laptop kehabisan baterai, mati mendadak, terdapat lonjakan arus, laptop kondensasi, laptop terlalu lama diam tidak dinyalakan, ada bagian di motherboard yang terlalu lembab, dan lain-lain. Jika system proteksi melakukan penguncian maka laptop juga tidak bisa dinyalakan dan masalah ini biasanya bisa diatasi dengan melakukan clearing CMOS.
5. Ada kapasitor short di main power. Jika ada kapasitor yang short di jalur tegangan utama 19V maka laptop tidak akan bisa dinyalakan. Saat charger dimasukkan maka indikator pada charger akan mati dengan spontan.
6. IC Charger rusak. IC charger ini terdapat di motherboard, jika bermasalah maka proses charging tidak bisa berjalan, maka setelah baterai habis laptop tentu tidak bisa dinyalakan. Namun pada kondisi tertentu masih bisa dinyalakan menggunakan baterai lain yang masih normal.

Baca juga :   Tips Temukan Sumber Kerusakan Laptop Yang Tidak Bisa Dinyalakan Dengan Baterai Saja

7. Mosfet Rusak. Jika ada mosfet di bagian jalur tegangan utama 19V rusak maka tentu ini akan memutus pasokan energi dari sumbernya. Atau mosfet charging rusak maka ini akan memutus energi juga, laptoppun tidka bisa dinyalakan.
8. Masalah VCore. Pada bagian VCore terdapat SMD capacitor atau pada laptop tertentu menggunakan NEC Tocin capacitor, dan jika komponen ini bermasalah biasanya laptop hanya bisa menyala sebentar dan mati lagi. Atau pada kondisi tertentu saat tombol power ditekan yang menyala hanya indikator power saja, dan laptop black screen kemudian mati lagi.
9. IC Step down bermasalah. Jika IC stepdown yang memproduksi tegangan utama 5Vdan 3V rusak sehingga kedua tegangan tidak muncul maka laptop tidak bisa dinyalakan.

Baca juga :   Lampu Charge Nyala Namun Laptop Tidak Bisa di Nyalakan, Kenapa?

Ini ada beberapa penyebab umum laptop tidak bisa nyala dan masih banyak penyebab lain namun secara umum disebabkan oleh hal-hal diatas.

5 thoughts on “Penyebab Umum Laptop Tidak Bisa Nyala

  1. mas saya mw tanya.. leptop saya kalau kabel charger ditancepin lampu indikator powernya nyala, tapi untuk menyalakan leptop harus dipencet tombol power berulang" bru bisa nyala. kemungkinan yg rusak bagian apanya ya mas ?? mohon pencerahannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *