Laptop Bisa Charging Tapi level tidak Bertambah, Ini Lho Yang Mati

Diposting pada

Ini adalah salah satu kasus pada laptop yang berhubungan dengan masalah proses charging dimana proses ini seperti berjalan normal ditandai dengan adanya icon tanda proses charging di layar monitor dan indikator charging pada laptop namun level prosentasenya tetap saja tidak bertambah bahkan bisa jadi berkurang.

Kita punya pengalaman menangani masalah laptop seperti ini dan akan kita share disini semoga bermanfaat.

Jadi pada kasus ini, yaitu pada sebuh laptop Acer dengan detail masalah level baterai tidak bertambah walaupun di ces dalam waktu yang lama. Laptop bisa nyala normal menggunakan baterai saja dan tidak langsung mati saat charger dilepas. Laptop juga bisa nyala normal saat menggunakan charger saja.

Laptop charging tapi level tidak bertambah

Awalnya kita bisa saja mengira bahwa ini terjadi karena adanya masalah pada ic charger, namun ternyata tidak. Masalah diakibatkan oleh adanya salah satu mosfet yang short antara kaki primer dan skundernya, bukan short ke ground. mosfet ini adalah mosfet utama yang ada pada jalur 19Volt dan terletak di dekat port jack DC.

Baca juga :   Memperbaiki Keyboard Laptop Tombol Tidak Fungsi

Ternyata pada motherboard tertentu walaupun main mosfet ini short tidak menyebabkan laptop gagal nyala walaupun tidak normal, karena pada motherboard tertentu jika mosfet ini rusak maka laptop tidak bisa nyala.

Laptop charging tapi level tidak bertambah

Setelah mosfet diganti dengan yang sejenis walaupun tidak sama nomor serinya maka laptop bisa kembali normal, proses charging juga berjalan lancar tanpa ada error. Jadi laptop charging tapi level tidak bertambah bisa saja disebabkan oleh kerusakan pada mosfet utama seperti kasus yang saya ceritakan ini.

2 thoughts on “Laptop Bisa Charging Tapi level tidak Bertambah, Ini Lho Yang Mati

  1. mas agus.. tolong dong, kalau acer 725 ZHG dimana letak main mosfetnya, bingung nyariinnya. (plugged in, not charging) level batrenya gak bisa naik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *