Cek Ini Jika Printer L120 Tidak Bisa Nyala

Diposting pada

Printer Epson L120 yang dilengkapi dengan tabung tinta atau dikenal dengan infus bawaan jika tidak bisa dinyalakan padahal kabel listrik normal dan tidak ada masalah pada unit power supply ditandai dengan adanya tegangan output pada unit power supply yang normal maka kita bisa cek beberapa bagian pada mainboard printer.

Sebagaimana kita ketahui pada beberapa perangkat elektronika termasuk didalamnya printer, dilengkapi dengan pengaman-pengaman jika terjadi lonjakan arus mendadak atau short circuit, maka pada printer Epson L120 juga demikian. Pengaman lain yang ada pada printer ini adalah deoda. Jika printer Epson L120 tidak bisa dinyalakan maka lakukan proses analisa dengan urutan sebagai berikut :

  1. Pastikan kabel listrik normal. Kita bisa memastikan ini menggunakan avometer atau dengan melakukan pengetesan kabel menggunakan perangkat lain.
  2. Pastikan Kabel menanap dengan benar baik pada stop kontak listrik maupun pada port yang ada di printer.
Baca juga :   Lampu Charger Laptop, Jika Kedip-kedip Check Disini

 

  1. Jika point 1 dan 2 aman maka lakukan pembungkaran kesing printer untuk mengakses mainboard yang ada di bagian dalam printer. Untuk melakukan langkah ini tentu saka kita membutuhkan obeng plus, minus dan peralatan pendukung lainnya. Pembungkaran kesing printer L120 dimulai dengan melepas unit tabung tinta atau infus yhang ada di bagian samping printer. Setelah tabung tinta terlepas maka kita bisa mengangkat kesing setelah melepas semua baut pengunci.
  2. Dengan menggunakan avo meter cek sebuah deoda pada mainboard seperti gambar dibawah ini.
    Arahkan seletor avometer ke arah X1, kemudian letakkan probe merah pada bagian deoda yang ada tanda garis putih dan letakkan probe hitam pada kaki deoda yang lain, maka seharusnya jarum avometer bergerak namun tidak sampai mentok ke kanan. Kemudian balik probe merah dan hitam, seharusnya jarum avometer tidak bergerak atau bergerak namun hanya sedikit. Jika probe di bolak balik jarum avometer bergerak ke kanan mentok maka deoda dalam kondisi rusak dan ini menyebabkan printer tidak bisa dinyalakan. Langkah finalnya adalah dengan mengganti deoda tersebut dengan yang normal.
  3. Komponen lain yang perlu dicurigai yang biasanya rusak adalah mosfet. Lihat gambar berikut yang diambil dari sebuah mainboard L120.
    Kedua mosfet tersebut jika rusak biasanya antar kaki-kakinya short circuit atau jika dicek menggunakan avometer jarum akan bergerak mentok ke kanan atau menunjukkan nilai 0 Ohm.
Baca juga :   Memperbaiki L210 Paper Jam Blingking Hijau Dan Orange

Demikian beberapa komponen pada bagian mainboard yang perlu dicurigai jika printer Epson L120 tidak bisa dinyalakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *