IC Kontrol VCore Pada Laptop

Diposting pada

IC kontrol VCore pada laptop adalah IC yan bekerja sebagai controller tegangan yang masuk ke jalur VCore, yaitu jalur sumber tegangan prosesor. IC VCore ini bermacam-macam jenisnya dan berbeda-beda antara satu laptop dengan laptop yang lain. Acer misalnya, antara acer aspire dan acer travelmate juga tidak IC nya. Secara teori kerja IC ini adalah mengatur frekwensi grafik tegangan yang masuk ke kaki gate mosfet sebagai switcher tegangan yang masuk ke prosesor daru sumber utama 19Volt. Tentu ini sangant dipengaruhi oleh kinerja prosesor, makanya jika diukur menggunakan alat ukur pada saat laptop bekerja tegangan VCore ini berubah-ubah sesuai dengan kinerja laptop. Tegangan VCore akan tinggi jika prosesor bekerja keras, misalnya ketika laptop sedang menjalankan aplikasi yang berat seperti program Corel, dan tegangan akan turun saat laptop hanya standby saja.

Baca juga :   Inilah IC Charger Acer Z1402

Karena kinerjanya tidak flat, berubah-ubah maka IC ini rawan rusak. Salah satu ciri kerusakannya adalah hilangnya tegangan Vore pada prosesor. Umumnya letak ic ini ada di dekat prosesor.

 

 

Gambar diatas adalah beberapa contoh ic VCore pada laptop. IC dengan kaki serangga ini ( kakinya banyak ) proses penggantiannya membutuhkan kejelian karena jika posisi kakinya geser sedikit saja bisa bersentuhan dengan jalur yang lain yang akibatnya menyebabkan hubung singkat dan tidak bekerja dengan normal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *