LCD Acer X163W Tidak Nyala

Diposting pada

Apa penyebab LCD monitor merk Acer X163W tidak bisa dinyalakan? Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan masalah ini terjadi diantaranya adalah sebagai berikut :LCD Acer X163W Tidak Nyala

  1. LCD jenis ini menggunakan power supply di dalam, artinya kabel yang keluar langsung menuju sumber listrik 220V. Maka salah satu penyebab LCD tidak bisa nyala adalah karena kerusakan Kabel listrik. kita bisa cek ini menggunakan AVOmeter. Selektor AVO pindahkan ke OHM 1X, kemudian tempelkan probe merah ke Colokan kabel dan tancapkan probe hitam ke ujung kabel yang satunya, jika tidak bergerak pindahkan probe ke kabel yang lain. Lakukan sedemikian rupa sehingga bisa dideteksi kabel putus atau tidak.
  2. Ada sebuah pengaman arus lebih di bagian power supply berupa sekring atau fuse, di dalam kesing. Lakukan pengecekan menggunakan avometer apakah kondisi fuse normal atau telah putus. Jika putus avometer mendeteksi tidak ada gerakan pada jarumnya.
Baca juga :   Bagaimana Jika LCD Monitor Lama Tidak Dinyalakan ?

 

  1. Ada deoda penyearah di bagian power utama di power supply, jika jebol tentu LCD tidak bisa nyala.
  2. Terakhir, yang sering terjadi, kerusakan bisa juga disebabkan karena ada nya masalah pada ic regulator yang menggunakan IC TOP258PN. Ganti IC ini jika point 1-3 normal namun tegangan output 5V tidak ada.
Baca juga :   Ganti LCD Laptop? Perhatikan Ini

Beberapa hal diatas adalah penyebab LCD acer tidak bisa nyala, silahkan dicek lebih lanjut agar tidak salah analisa dan salah penanganan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *