Laptop Suara Kadang Hilang

Diposting pada

Memperbaiki laptop yang suaranya kadang hilang yang disebabkan karena ada masalah pada bagian sound. Sound pada sebuah laptop bisa berbunyi karena didukung oleh 2 komponen baku yaitu ic sound sebagai hardware dan driver sebagai software.

ic sound laptop toshiba

Jika sebuah laptop sound.nya berbunyi namun tiba-tiba saja mati padahal system tidak error, kemudian kadang bisa nyala lagi namun tidak lama kemudian mati lagi, berdasarkan pengalaman ini disebabkan karena kerusakan pada ic sound.

Biasanya ic sound sangat panas pada kondisi ini, atau overheat sehingga saat mencapai puncak batas temperature yang diizinkan sound akan mati sendiri walaupun system tidak hang.

Baca juga :   Blower Terlalu Panas Rusak Motherboard

Kamu bisa cek temperature ini dengan menyentuh ic tersebut pada saat memutar musik atau suara apapun, video misalnya dll. jika terasa sangat panas maka ini mengindikasikan bahwa ic sound tersebut telah rusak.

Untuk memperbaiki masalah sound yang kadang bunyi kadang tidak seperti tersebut kita bisa mengganti ic sound dengan yang baru atau yang masih dalam kondisi normal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *