Jika Laptop Tetap Ngeblank

Diposting pada

Salah satu masalah pada sebuah laptop adalah ngeblank dimana lapotp bisa dinyalakan ditandai dengan lampu power bisa aktif namun tidak tampil apa-apa pada layar monitor dan tidak tanda-tanda laptop booting.

IC stepdown RAM pada laptop

Biasanya langkah awal yang dilakukan adalah dengan cek kondisi RAM atau memory. Kita bisa coba membersihkan pin-pin pada RAM atau bisa mencoba RAM lain yang kondisinya lebih meyakinkan.

Atau langkah lain adalah dengan melakukan clearing pada CMOS. Lepas baterai CMOS dan biarkan beberapa menit kemudian nyalakan laptop lagi.

Baca juga :   Laptop Blank Setelah Login, Ini Solusinya

Atau dengan melakukan proses pemanasan pada Chipset VGA menggunakan heater blower.

Nah, jika cara-cara tersebut diatas belum membuahkan hasil maka kita harus mulai cek satu-persatu seluruh level tegangan yang ada pada motherboard. Langkah ini membutuhkan kesabaran dan keuletan.

Salah satu hal yang bisa kita curigai pada laptop ngeblank adalah tegangan yang masuk ke RAM. Walaupun RAM normal jika tidak ada supply tegangan maka tidak mungkin bisa bekerja. Dan tegangan ini di kontrol oleh sebuah IC controller step down. Nah, IC inilah, jika tidak bekerja denan baik menyebabkan laptop ngeblank.

2 thoughts on “Jika Laptop Tetap Ngeblank

  1. minta pencerahan gan…. Toshiba c 600 tetep blank item… flash bios sukses… jika make vga external normal… tp kl pake internal tetep blank.. ????

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *