Kerusakan VGA Laptop Dan Pengaruhnya Terhadap Hardisk

Diposting pada

Sebuah laptop yang lampu powernya bisa dinyalakan namun tidak ada tampilan apapun pada layar monitor salah satu penyebabnya adalah adanya masalah pada chipset VGA yang bisa diperbaiki dengan menggantinya atau melakukan reball jika masih memungkinkan, atau kadang-kadang kita penasi menggunakan heater blower juga bisa berhasil jika kerusakan masih belum parah.

Lalu apakah kerusakan VGA ini bisa mempengahuri hardisk? Apakah Hardisk juga ikut rusak jika VGA laptop dalam masalah?

Mari kita jawab pertanyaan-pertanyaan tersebut secara singkat saja. Chipset VGA pada sebuah laptop ada nempel di bagian motherboard dan ini termasuk komponen yang berdiri sendiri yang masuk pada zona output. Sedangkan hardisk, terdapat port tersendiri di bagian motherboard juga.

Baca juga :   Laptop Mati Total, Datanya Bagaimana ?

Hardisk, adalah salah satu komponen input yang kinerjanya ditentukan oleh chipset IO yang ada nempel di motherboard. Tegangan yang masuk ke VGA memiliki controller sendiri yaitu diturunkan dari tegangan utama 19Volt dari charger dan atau baterai laptop. Sedangkan tegangan yang masuk ke hardisk juga memiliki controller tersendiri dan tidak sama dengan tegangan VGA. Jadi jika digambarkan dengan block diagram maka tegangan yang masuk ke VGA dan ke hardisk adalah memiliki jalur-jalur tersendiri sehingga tidak terlalu berhubungan antara satu dengan yang lain.

Baca juga :   Efek Buruk Gunakan Laptop Standart Untuk Main Game

Dari paparan diatas maka bisa disimpulkan bahwa kerusakan pada chipset VGA laptop kecil kemungkinannya bisa mempengaruhi kondisi hardisk apalagi menyebabkan hardisk ikutan rusak. Masing-masing memiliki jalur tersendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *