Cara cek Tegangan Pada Motherboard

Diposting pada

Cara cek tegangan pada motherboard laptop pada proses analisa untuk menemukan sumber kerusakan sangat sederhana namun ternyata masih banyak yang belum mengerti. Maka dari itu kita akan coba share tentang masalah ini agar proses analisa kerusakan pada laptop tidak cenderung ngawur, terutama bagi teknisi newbie.

Proses pengecekan tegangan dimulai dari mengetahui perkiraan tegangan yang akan di cek, ini diperlukan agar alat yang digunakan untuk pengecekan tidak rusak. Karena jika rating alat dibawah tegangan yang akan di cek maka alat akan rusak.

Proses pengecekannya adalah sebagai berikut :

Baca juga :   Pentingnya Elektonika Dasar Saat Service Motherboard Laptop

1. Ketahui perkiraan tegangan yang akan di cek
2. Sesuaikan selektor pada avometer diatas tegangan yang akan di cek. Misalnya kita akan melakukan pengecekan pada titik tegangan 19 volt, maka selektor avometer putar ke DCV 50 atau diatasnya. Lihat gambar dibawah.Selektor avometer cek tegangan 19 volt
3. Setelah itu tempatkan probe hitam avometer pada bagian ground motherboard. Perlu diketahui bahwa setiap lubang baut terhubung langsung dengan jalur ground, jadi ini bisa digunakan untuk menempatkan probe hitam.
4. Masukkan charger pada motherboard laptop, kemudian letakkan probe merah avometer pada titik positif yang akan di cek tegangannya. Jika avometer menunjukkan angka atau jika jarumnya bergerak maka ini menunjukkan tegangan keluar, sesuai dengan level yang ditunjukkan, jika jarum tidak bergerak berarti tidak ada tegangan.

Baca juga :   2 Langkah Membaca Skema Laptop

Jika titik yang akan kita cek tegangannya tidak muncul tegangan maka segera lepas charger dan lakukan pengecekan apakah titik tersebut short circuit ke ground atau ada masalah lain. Dengan mengetahui langkah pengecekan tegangan pada motherboard laptop ini maka proses analisa kerusakan akan semakin mudah dilakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *