Laptop Acer Blank Ini Penyebabnya

Posted on

Ini adalah masalah pada laptop acer dengan motherboard ZQS yang baru saja saya perbaiki dengan masalah blank atau bisa dinyalakan namun tidak ada tampilan apapun di layar. Setelah kita melakukan analisa ternyata disebabkan oleh adanya masalah pada tegangan yang mensupply chipset north bridge atau anggap saja chipset VGA, atau dikenal dengan VGFx.

Baca juga :   Memperbaiki Laptop Mati Total

Tegangan yang mensupply procesor yang dikenal dengan VCore bekerja dengan baik, demikian juga tegangan-tegangan yang lain. Namun chipset VGA tidak mendapatkan supply tegangan.

Maka langkah yang kita lakukan adalah dengan memastikan bahwa tidak ada short circuit pada jalur VGFx, kemudian memastikan kondisi mosfet yang bekerja pada tegangan ini, ada 2 mosfet utama, dan inipun dalam kondisi normal.

Baca juga :   Rahasia Sulitnya Service Laptop Mati Total

Akhirnya kita memutuskan untuk mencari IC yang bekerja sebagai controller pada level tegangan ini. Dengan menggunakan skema, maka ic controller dengan kode PU8 segera kita temukan dan bisa segera diganti dengan yang lain yang dalam kondisi normal. Nomer seri IC ini adalah TPS50601.

Setelah IC diganti maka VGFx muncul dan motherboard bisa dinyalakan dengan normal. Ini adalah salah satu penanganan pada motherboard laptop acer yang memiliki masalah no display atau blank atau black screen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *