Black Screen Disebabkan Karena Resistor Kutu Rusak

Posted on

Salah satu penyebab lain sebuah laptop tidak bisa menampilkan gambar apapun pada layar padahal lampu indikator menyala dan ampere juga muncul tidak over ada kerusakan pada sebuah komponen yang sangat kecil yaitu Resistor, kita sering mengenal ini dengan resistor kutu yang tidak ada ukuran yang tertulis pada bodynya, karena saking kecilnya komponen ini.

Baca juga :   Asus A42J Layar Tidak Nyala

Misalnya yang saya alami pada sebuah laptop Aspire One, dimana masalah awal yang muncul adalah hilangnya signal tegangan HWPG_1.5Vsus yang seharusnya muncul setelah tombol power ditekan.

Signal ini di produksi oleh sebuah IC yang bekerja sebagai controller tegangan 1,5V. Pada AOD257 IC ini adalah PU1 dengan serial IC RT8207L. Yang akhirnya kita temukan bahwa masalah ada pada resistor PR30, lihat gambar berikut.

Baca juga :   Maksud Istilah Black Screen Pada Sebuah Laptop

Resistor tersebut berukuran 620KOhm, namun ternyata ini bisa bekerja dengan kita ganti 300KOhm. Untuk mendapatkan penggantinya tentu agak sulit karena tidak ada tanda pada bodynya, kita bisa mengukurnya menggunakan avometer dan bisa mendapatkan spare partnya dari motherboard laptop lain.

Untuk melihat video perbaikan laptop tersebut silahkan tonton video pada link ini : AOD257 black screen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *