Kipas Laptop Muternya Lambat, Jangan Biarkan

Posted on

Apa jadinya jika sebuah laptop kipas pendingin prosesornya seperti malas berputar, lambat dan tidak semangat sehingga angin di fentilasi prosesor hampir tidak terasa.

Kipas Laptop Muternya LambatIni perlu diketahui bahwa kipas pendingin prosesor sebuah laptop secara umum pada kondisi ideal hanya berputas ketika suhu prosesor mencapai ambang batas yang telah di tentukan, jika masih dingin kipas tidak berputar. Jika hangat hanya berputar pelan-pelan saja, setelah suhu prosesor panas maka kipas akan berputar kencang.

Kipas akan berhenti berputar jika suhu sudah turun. Terdapat sebuah setingan pada BIOS setup ( pada laptop tertentu ), yang memungkinkan kita untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fungsi otomatis tersebut. Ini adalah option Fan Always ON, kita bisa pilih enable ( agar kipas berputar terus ) atau disable ( agar kipas berhenti berputar jika suhu dingin ).

Keuntungan kipas berputar terus adalah suhu prosesor dingin, keuntungan berhenti berputas jika suhu rendah adalah baterai lebih awet. Semua memiliki kelebihan dan kelemahan.

Dengan parameter-parameter tersebut diatas maka jika kipas terkesan malas berputar lakukan beberapa action berikut :

  1. Perhatikan temparature laptop, sentuh dibagian bawah jika suhu tidak terlalu panas walaupun latop digunakan dalam waktu yang lama maka ini normal, biarkan saja yang penting kipas muter.
  2. Jika kipas berhenti berputar, cek temperatur seperti pada step 1 diatas.
  3. Jika kipas berputar kencang, namun temperature laptop tetap tinggi, maka bersihkan kipas dan heatsink dengan membungkar laptop.
  4. Jika kipas berhenti berputar dan suhu laptop tinggi, dan atau mati pada saat tertentu, maka bungkar dan cek kinerja kipas karena ada kemungkinan kipas rusak.

Demikian tentang fan atau kipas pada pendingin prosesor sebuah laptop, semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *