Komponen Rawan Rusak Saat Laptop Kehabisan Baterai

Posted on

Sering sekali ketika pengguna laptop menggunakan laptop di luar rumah, kantor atau tempat kerja sehingga tidak mendapatkan sumber listrik untuk charging laptop dan laptop rawan kehabisan baterai. Ini, jika keseringan ternyata menyebabkan salah satu komponen yang ada di dalam laptop rawan rusak.

Komponen Rawan Rusak Saat Laptop Kehabisan BateraiKomponen ini ada di bagian motherboard, dan kerusakannya menyebabkan laptop benar-benar tidak bisa dinyalakan sama sekali. Dan perlu diketahui bahwa untuk memperbaikinya ternyata tidak mudah, setidaknya memerlukan basic elektronika agar bisa menemukan komponen apa yang rusak. Ini berarti kategori kerusakan parah.

Komponen tersebut adalah kapasitor tantalum jenis SMD. Kapasitor yang ukuran fisiknya sangat kecil ini jika rusak langsung men-stop masuknya sumber energi ke system yang ada diĀ  motherboard. Kecil memang, murah memang harganya, namun jangan harap untuk menemukannya semudah membalik tangan.

Baca juga :   Memperbaiki Laptop Mati Total

Bagaimana kok komponen kecil tersebut bisa gampang rusak saat laptop kehabisan baterai ?

Sebagaimana kita tahu bahwa baterai bisa mensupply sebuah laptop karena dia bisa menyimpan muatan, demikian juga dengan kapasitor yang bisa juga menyimpan muatan walaupun tidak sebanyak baterai. Baterai bisa habis muatannya karena di sedot oleh motherboard laptop untuk didistribusikan ke seluruh komponen setelah di olah dan di kontrol.

Pada saat sebuah laptop bekerja dan tiba-tiba muatan pada baterai habis maka pada detik itu pula terjadi penyedotan muatan dari komponen yang bisa menyimpan muatan dalam jumlah berapapun, penyedotan ini juga dirasakan oleh kapasitor, terutama yang berada pada jalur yang resistansinya kecil, yang arusnya besar, misalnya pada jalur supply tegangan ke chipset, prosesor dan VGA. Namun pada sisi jalur sumber tegangan utama juga terjadi penyedotan yang seketika, cepat sekali.

Baca juga :   Cara Service Asus Mati Total Mudah Sekali

Karena pelepasan muatan pada kapasitor oleh karena disedot system sangat cepat, mungkin bisa dikatakan terlalu cepat sekali, maka jika ini terjadi terlalu sering akan menyebabkan kapasitor tidak tahan dan bisa rusak seketika.

Lalu, bagaimana kerusakan kapasitor tantalum tersebut bisa men-stop masuknya sumber muatan dari charger dan baterai ? Ini disebabkan karena umumnya rusaknya komponen kecil tersebut adalah short circuit atau antar kedua kakinya terhubung singkat, maka dia akan menyebabkan jalur dimana dia diletakkan terhubung singkat, maka tidak ada sumber tegangan yang bisa masuk ke jalur tersebut.

Baca juga :   Laptop Acer Blank Ini Penyebabnya

Inilah, komponen pada motherboard laptop yang rawan rusak ketika laptop terlalu sering kehabisan baterai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *