Inilah Cara Memulai analisa motherboard Laptop

Diposting pada

Bagaimana cara memulai analisa kerusakan pada sebuah motherboard laptop ?

Memulai analisa motherboard LaptopJawaban dari pertanyaan ini tentu saja tergantung dengann jenis kerusakan yang menimpa sang laptop, namun kita akan membahasnya secara umum. Jadi inti sebuah kerusakan pada sebuah laptop umumnya adalah karena adanya tegangan yang tidak normal tidak sebagaimana mestinya. Hampir semua jenis kerusakan bermuara pada tegangan atau voltagee. Laptop short misalnya, tidak bisa dinyalakan sama sekali karena tegangannya tidak keluar, terproteksi oleh komponen yang shorted.

Baahkan laptop yang suka restart sendidri atau mati sendiri juga disebabkan karena tegangan supply prosesor tidak stabil. Demikian juga laptop black screen yang disebabkan karena tidak munculnya supply tegangan pada chipset VGA.

Baca juga :   netbook Asus Eee PC Tidak Bisa Booting, Ikuti langkah ini

Jadi semuanya karena tegangan atau voltage. Bagaimana dengan laptop yang not charging, karena beberapa parameter tegangan pada ic charger tidak terpenuhi, atau bahkan Vcc ( pin sumber tegangan ) pada IC tidak mendapatkan tegangan.

Jadi dengan demikian untuk memulai analisa sebuah motherboard, kita bisa memulai dengan pengecekan tegangan. Dimulai dari sumber tegangan 19V di DC jack yang langsung ke charger. Kemudian check jalur-jalur yang terhubung dengan tegangan 19V ini, diikuti dengan tegangan yang levelnya lebih rendah dandilanjutkan ke level-level tegangan yang lain, hingga ketemu yang tidak sesuai maka pengecekan kita konsentrasikan disana, bersambung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *