5 Penyebab MP237 Blingking 5 Kali

Diposting pada

Printer MP237 Blinking 5 kali terus menerus lampu indikator warna orange ( ditandai logo petir ) dan lampu indikator Color Ink yang menunjukkan ada masalah pada katrid warna ternyata disebabkan oleh banyak hal. Tidak selalu katrid tersangkanya.

5 Penyebab MP237 Blingking 5 Kali

Dibawah ini adalah beberapa penyebab printer MP237 blinking 5 kali :

  1. Katrid warna rusak. Bisa saja memang katridnya yang warna rusak sebagaimana warning yang muncul pada layar komputer.
  2. Pin-pin katrid warna kotor. Biasanya terkena cipratan tinta sehingga pin-pin tidak bersih, efeknya koneksi katrid terganggu dan tidak terdeteksi oleh mainboard. Solusi untuk masalah ini adalah dengan membersihkan pin-pin katrid tersebut menggunakan tissue. Jika sulit dibersihkan olesi dengan air dan gosok-gosok menggunakan jari tangan. Kemudian dikeringkan dengan tissue.
  3. Posisi Katrid warna Tidak Sempurna. Ini sering terjadi pada printer yang dilengkapi dengan infus modifikasi. Bisa saja karena bagian katrid warna tidak sempurna modifikasinya sehingga posisinya kurang menempel konektor sehingga katrid tidak terdeteksi dengan baik.
  4. Konektor Kabel Katrid rusak. Ini ada di bagian kabel fleksibel katrid yang menghubungkannya ke mainboard, di bagian mainboard. Ujung yang biasanya di tancapkan ke konektor di mainboard bisa saja rusak karena sering dilepas pasang, atau karena terkena cipratan tinta.
  5. Mainboard rusak. Jika katrid dalam kondisi baik dan bersih, posisinya juga bagus atau justru tidak menggunakan infus modifikasi, maka kemungkinan lain blinking 5 kali disebabkan karena mainboard rusak.
Baca juga :   Cara cek Sensor Printer Canon Rusak Atau Tidak

Dengan mengetahui 5 penyebab printer MP237 blinking 5 kali maka proses perbaikan kerusakan ini bisa lebih cepat dan tepat serta mengurangi kemungkinan munculnya kerusakan baru karena salah analisa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *