Laptop Mati Total, Datanya Bagaimana ?

Diposting pada

Yang paling penting dari sebuah laptop, salah satunya adalah data yang ada di dalamnya. Nilai data tersebut bisa saja lebih mahal daripada harga laptopnya, makanya tidak heran jika ada pengguna laptop yang mau bayar berapapun untuk minta dikembalikan datanya yang ada di dalam laptop saat terjadi masalah pada laptopnya. Lalu, bagaimana nasib data yang ada di dalam sebuah laptop yang mati total, tidak bisa dinyalakan sama sekali, apakah masih ada atau ikutan hilang ?

Laptop Mati Total, Datanya Bagaimana ?

Bagi yang sudah faham tentu saja ini tidak jadi pertanyaan besar, namun ternyata di level masyarakat awam ( awam teknologi ) ini masih menjadi pertanyaan yang sering muncul. Maka dari itu kita akn sedikit membahas masalah ini.

Perlu diketahui bahwa pada sebuah laptop terdapat berbagai blok, yang masing-masing blok memiliki pekerjaan dan tanggung jawab sendiri-sendiri. Nah salah satu blok di dalam laptop adalah Disk Drive atau Hard drive atau kita kenal dengan hardisk yang bekerja untuk menyimpan semua file dan bertanggung jawab terhadap existensi data pada sebuah laptop. 

Baca juga :   Laptop Acer Blank Ini Penyebabnya

Blok yang lain adalah Motherboard. Berbeda dengan hard drive, blok ini menjadi tumpuan semua blok-blok lain yang ada di dalam laptop. semua blok dibaca oleh reader yang terpasang pada motherboard secara langsung. Di dalam motherboard ini terdapat blok-blok kecil yang dipisahkan berdasarkan level tegangan ( voltage ) dan fungsi kerja. Prosesor, chipset, VGA, audio, network dan lain-lain ada pada motherboard. 

Baca juga :   Komponen Rawan Rusak Saat Laptop Kehabisan Baterai

Nah laptop mati total bisanya disebabkan oleh adanya masalah pada power management, unit yang mengatur distribusi power dari sumber ( charger dan baterai ) untuk dibagikan ke seluruh blok. Lalau bagaimana hubungannya dengan data ? Data atau file semuanya ada di blok hard drive atau hardisk. Jadi sampai disini kita telah tahu bahwa ini ada di blok lain. Mati total ada di motherboard, data ada di dalam hardisk.

Baca juga :   Hal-hal Penting, Agar Bisa Memperbaiki Laptop Mati

Maka, jika sebuah laptop rusak mati total maka data masih aman di dalam hardisk, kita tidak lagi perlu khawatir, karena jarang sekali kerusakan seperti ini diikuti dengan kerusakan hardisk. Sekarang sudah faham ya, semoga bahasan singkat ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *