Service Motherboard Laptop Kumat Lagi Tidak ?

Diposting pada

Sebuah pertanyaan yang sering muncul di kalangan pengguna laptop adalah ketika sebuah laptop rusak motherboardnya kemungkinan jika diperbaiki masih suka kumat apa tidak di kemudian hari ?

Service Motherboard Laptop Kumat Lagi Tidak ?

Jawaban dari pertanyaan tersebut tentu saja sangat bergantung dari teknik penanganannya. Jadi tergantung teknisi yang memperbaikinya. Misalnya penanganan motherboard laptop yang black screen, yang bisa sembuh dengan memanasi chipset VGA menggunakan heater blower, maka jika hanya dipanasi saja ada kemungkinan suatu hari nanti bisa kumat lagi. Namun jika dilakukan reball atau mengganti kaki-kakinya dengan yang baru tentu kemungkinan kumat lagi bisa lebih kecil, atau jika chipset VGA diganti dengan yang baru maka kemungkinan kumat lagi bisa hilang. Maka ini sangat tergantung bagaimana teknisi menangani masalah tersebut. Ini juga terjadi pada model kerusakan lain pada sebuah motherboard laptop.

Berangkat dari kondisi tersebut diatas maka sangat penting memilih kemana laptop kita yang rusak kita serahkan untuk diperbaiki, karena ada banyak sekali teknisi laptop diluar sana. Ada sebagian kita memilih yang tarifnya paling murah, ini bisa jadi keliru pada kondisi tertentu, walaupun tidak keliru jika memang kerusakannya tidak terlalu berat, shorted misalnya, atau systemnya error dan kelurakan-kerusakan ringan yang lain. Tapi kalau sudah menyangkut chipset dan atau kerusakan yang berat, misalnya no display yang disebabkan karena masalah di motherboard, atau kadang mati sendiri padahal heatsink bersih, atau hardisk tidak bisa terdeteksi walaupun sudah di falsh biosnya dan hardisknya normal, dan seterusnya, lebih baik kita memilih teknisi yang benar-benar professional walaupun tarifnya agak tinggi.

Baca juga :   Tips Temukan Sumber Kerusakan Laptop Yang Tidak Bisa Dinyalakan Dengan Baterai Saja

Demikian bahasan tentang kekhawatiran pengguna laptop yang sedang mengalami trouble pada motherboard laptopnya sehingga memerlukan penanganan khusus namun ragu-ragu dengan adanya resiko kumat lagi di lain waktu dengan kerusakan yang sama, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *