DLP Projector Nyala Sebentar Saja

Diposting pada

DLP Projector, Proyektor jenis DLP yang menggunakan chips DMD sering sekali ketemu sama masalah ini, nyala sebentar saja terus mati lagi lampunya dan ada warning merah entah lampu indikator TEMP ( temperature ) atau LAMP ( warning lampu ).

Sebetulnya apa penyebab masalah ini ?

DLP Projector Nyala Sebentar Saja

Jika proyektor menyala sebentar kemudian mati lagi tanpa menyisakan lampu indikator, mati semuanya, ini biasanya disebebkan karena masalah regulator yang sering bisa diperbaiki hanya dengan menggantti IC regulator. Namun jika mati lampunya saja dan menyisakan warning merah, ini kondisinya lebih rumit kawan.

Baca juga :   Memperbaiki Proyektor Gambar Bintik-bintik

Secara umum disebabkan karena adanya masaah padazona lampu yang terdiri dari step up tegangan ( balast ), bulb dan cooler tentunya. Tiga poin itulah yang menjadi penyebabnya. Namun jangan dibayangkan mudah untuk menemukannya. Jika coolernya yang mati, tinggal ganti kipas aja beres, atau jika lampunya mati tinggal ganti lampu beres demikian juga balast nya.

Baca juga :   MS502P Nyala Sebentar Mati lagi dan mati total

Namun untuk beberapa type yang balastnya menyatu dengan power suply sedikit lebih rumit untuk menemukan sumber penyakitnya, karena jika pengen mengganti 1 unit balast tentu harus sekalian power supplynya, sangat mahal tentunya.

Jadi kesimpulannya adalah proyektor DLP yang nyala sebentara seperti diatas disebabkan oleh 3 point : lampu atau balast atau kipas ( kipas keong ), perlu analisa lebih lanjut untuk menemukannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *