Proyektor Tetap mati Tiba-tiba Walaupun Ganti Kipas

Diposting pada

Salah satu penyebab sebuah proyektor jenis DLP maupun LCD mati mendadak atau mati tiba-tiba setelah menyala beberapa menit adalah adanya masalah pada kipas pendingin lampu atau biasa teknisi menyebutnya kipas keong, karena bentuk fisiknya mirip keong.

Proyektor Tetap mati Tiba-tiba Walaupun Ganti Kipas

Namun bagaimana jika muncul masalah baru, setelah kipas diganti, karena memang macet, proyektor bisa menyala lebih lama namun tetap saja mati tiba-tiba ?

Dibawah ini beberapa penyebab mati tiba- tiba tersebut

Baca juga :   Proyektor Sony ON/Standby Berkedip 4 Kali Warna Merah
  1. Lampu rusak. Bisa saja jika lampunya sudah tidak normal sebuah proyektor akan mati setelah beberapa menit nyala. Mati dalam hal ini biasanya diikuti munculnya warning LAMP atau TEMP pada panel proyektor.
  2. Jika matinya seluruh indikator, maka bisa juga ada masalah pada regulator. IC regulator sudah lemah adalah salah satu penyebabnya, namun bisa juga disebabkan adanya masalah lain pada unit regulator atau power supply.
  3. Balast rusak. Ini biasanya indikasinya hampir sama dengan nomor 1 diatas. Lampu mati diikuti dengan munculnya warning indicator led.
  4. Controller kipas rusak. Jika setelah kipas diganti ternyata tetap tidak mau berputar maka bisa saja disebabkan oleh kerusakan pada system controller yang ada pada mainboard.
Baca juga :   Komputer Mati Sendiri Setelah Beberapa Saat

4 hal diatas adalah penyebab yang sering muncul pada sebuah proyektor yang tiba-tiba mati setelah bisa menyala beberapa saat.

2 thoughts on “Proyektor Tetap mati Tiba-tiba Walaupun Ganti Kipas

  1. Mohon petunjuk gan, proyektor nec sy ktk tombol power ditekan seluruh lampu indikatornya mati,sy lepas kabel powerny lalu sy hubungkan lg ke smber listrik lampu indikator nyala lagi,tp ketika pijit tombol power kmbali lmpu indikator mati semua dan proyektor ttp ga nyala.
    Kira2 kerusakannya dimana ya gan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *