Cara Mudah Reset Chipset IO

Diposting pada

Berawal dari sebuah laptop yang touchpadnya tidak berfungsi yang ternyata berujung fatal karena touchpad belum berhasil diperbaiki dan laptop tiba-tiba tidak bisa dinyalakan. Ini hasil dari pekerjaan teman dekat.

Hanya lampu power yang menyala sesaat kemudian mati lagi. Proses pertolongan pertama termasuk membiarkan laptop tanpa baterai telah dilakukan namun tidak membuahkan hasil.

Akhirnya kita putuskan untuk melakukan reset terhadap chipset IO sebagai reader dan controller tombol power sekaligus yang memanage proses menyalanya laptop.

Baca juga :   5 Penyebab Laptop Mati Total, Hindari !

Reset dilakukan dengan memanasi chipset menggunakan solder uap atau heater blower dengan suhu 400 oC lebih kurang. Langkah ini kita maksudkan sebagai langkah awal sebelum mencoba langkah lanjutan.

Setelah didiamkan kembali ke suhu normal, ba’da pemanasan chipset, lalu kita lakukan testing menyalakan laptop dan hasilnya laptop bisa kembali bekerja dengan normal.

Baca juga :   Laptop Asus Mati Total Tegangan Drop

Dan setelah kita check lebih lanjut ternyata touchpad yang tidak bekerja adalah akibat dari device nya di disable di BIOS, sehingga hanya dengan merubah setingannya touchpad bisa kembali bekerja dengan normal.

One thought on “Cara Mudah Reset Chipset IO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *