Laptop Normal, Tapi Blank Saat Masuk Windows, kenapa?

Diposting pada

Ketika baru dinyalakan laptop menyala normal, bahkan bis amasuk tampilan BIOS SETUP jika diinginkan, namun begitu mulai booting untuk masuk windows tiba-tiba blank, black screen atau layarnya gelap gulita. Apa penyebab masalah ini dan bagaimana solusinya ?

Salah satu penyebab yang sering terjadi adalah adanya miss atau kesalahan pada seting brightness layar. Setingan ini bisa dimunculkan dengan mebng klik icon baterai. Pada menu ini, kita bisa seting seberapa cerah tamilan layar monitor saat menggunakan charger dan seberepa cerah saat laptop menggunakan baterai saja tanpa charger.

Masalah yang sering terjadi adalah justru saat charger dimasukkan tampilan gelap. Solusinya adalah melakukan mencerahkan setingan agar tidak gelap. Untuk memutuskan kesalahan pada setingan yang bagaimana, kita bisa test dengan melepas dan memasang charger, namun langkah ini tidak berlaku jika baterai sudah rusak.

Baca juga :   Penyebab Lain Laptop Chipset Panas, Mati Total

Kenapa kesalah tersebut bisa terjadi. Biasanya ada masalah pada tombol tertentu pada keyboard yang berhubungan dengan pengaturan kecerahan monitor sehingga setingan kecerahan monitor bisa turun sendiri.

Tentu saja ini bukan satu-satunya penyebab dan solusi untuk masalah seperti diatas, namun ini sering sekai kita temui dan solusi diatas sudah bisa membereskan masalah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *