5 Penyebab 3V Dan 5V Tidak Muncul Pada Laptop

Diposting pada

Salah satu masalah yang terjadi pada motherboard laptop yang tidk bisa dinyalakan sama sekali adalah hilangnya tegangan 5V dan 3V, salah satu atau keduanya.

Dibawah ini adalah penyebab yang sering terjadi jika tegangan tersebut tidak keluar pada sebuah motherboard laptop

  1. IC controller rusak. IC controller adalah ic yang mengontrol proses produksi tegangan 5v dan 3v, secara umum menggunakan 1 buah ic controller, namun pada motherboard jenis tertentu masing-masing tegangan menggunakan ic controller sendiri-sendiri.
  2. Kapasitor rusak. Di bagian output jalur 5v dan 3v selalu dilengkapi dengan kapasitor, bisa berupa elco atau kapasitor jenis SMD. Jika kopasitor tersebut rusak, kering, maka tegangan tidak bisa muncul.
  3. Kapasitor short di bagian pemicu ic controller.
  4. Jalur output short ( over current ). Inibisa terjadi karena mosfet short sehingga jalur langsung terhubung ke beban yang seharusnya hanya terhubung setelah laptop dinyalakan. Ini menyebabkan proteksi bekerja sehingga tegangan tidak muncul.
  5. Mosfet bocor. Sebagaimana kita tahu bahwa pada setiap tegangan baik 5v maupun 3V terdapat 2 buah mosfet jenis n-channel. Jika ada yang bocor maka tegangan tidk bisa muncul, atau muncul namun drop, laptoppun tidak bisa dinyalakan.
Baca juga :   Rahasia Sulitnya Service Laptop Mati Total

Ini adalah 5 penyebab yang sering muncul pada laptop yang tegangan 5V dan 3V nya tidak bisa muncul sehingga laptop tidak bisa dinyalakan sama sekali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *