5 Penyebab Komputer Dumping Atau Bluescreen

Posted on

Dumping atau bluescreen sering sekali menyerang sebuah komputer. Pada kondisi ini komputer macet dan muncul tampilan warna biru pada monitor, dengan tulisan kecil-kecil warna putih yang umumnya pengguna komputer malas membaca.

Bluescreen atau dumping ini bisa saja muncul pada saat komputer baru saja dinyalakan, namun bisa juga muncul saat komputer sudah menyala dan selesia booting, sudah masuk windows, atau bahkan bisa saja muncul setelah komputer digunakan beberapa waktu.

Diantara beberapa penyebab dumping atau bluescreen ini adalah sebagai berikut :

Baca juga :   Komputer Build Up Performa Bagus, Tapi...
  1. Memory tidak normal. Memory atau RAM yang bermasalah bisa menyebabkan munculnya penyakit bluescreen tersebut. Masalah pada RAM ini bisa hanya karena pin-pinnya kotor, namun bisa juga RAM nya sendiri memang rusak
  2. Memory tidak compatible. Ini terjadi pada saat pengguna komputer melakukan upgrade memory, atau melakukan penggantian memory, jika tidak cocok dengan motherboardnya maka komputer akan dumping atau bluescreen. Mungkin bisa saja komputer menyala beberapa saat, namun lama kelamaan akan bluescreen juga.
  3. Hardisk Tidak normal. Hardisk yang sudah tidak normal juga bisa menyebabkan dumping. Kita tahu bahwa jika hardisk bermasalah, kdang-kadang terdeteksi namun tiba-tiba saja hilang, tidk terdeteksi oleh motherboard sehingga komputer dianggap tidak dilengkapi dengan hardisk. Hilangnya hardisk ini juga bisa saja terjadi pada saat komputer sudha digunakan, atau masih pada proses booting sebelum masuk windows.
  4. Operating system rusak. OS atau yang paling sering digunakan adalah Windows, jika rusak atau lebih dikenal dengan corrupt maka bisa saja menyebabkan komputer bluescreen atau dumping. Kerusakan OS ini jgua bisa disebabkan karena hardisk yang tidak normal. Namun bisa jgua disebabkan karena serangan virus, sehingga komponen system tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya.
  5. Motherboard rusak. Chipset yang ada pada motherboard biasanya jika overheat akan menyebabkan komputer macet dan dumping.
Baca juga :   Laptop Acer 4738 Tiba-tiba Mati Sendiri Atau Restart

Inilah 5 penyebab sebuah komputer dumping atau bluescreen yang serign terjadi, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *