Jangan Remehkan Hardisk Yang Kadang-kadang Tidak Terdeteksi

Posted on

Jangan remehkan hardisk pada laptop yang kadang-kadang tidak terdeteksi, demikian juga DVD room.

Karena, walaupun pada kondisi tertentu hanya disebabkan oleh masalah sepele namun bisa saja penyebabnya sangat serius, bahkan jika dibiarkan akan memerlukan biaya yang sangat besar untuk memperbaikinya.

Penyebab hardisk tidak terdeteksi memang bisa saja karena koneksinya ke motherboard kurang baik lantaran adanya kerak pada konektornya atau kabel penghubungnya, jika menggunakan kabel, sudah tidak bekerja secara optimal.

Baca juga :   Inilah Penyebab Lain Komputer Ngeblank Atau Tidak Menyala

Penyebab lainnya yaitu BIOS yang tidak sempurna, yang bisa diperbaiki dengan melakukan install ulang BIOS menggunakan peralatan BIOS flasher. Masalah ini bahkan kadang-kadang bisa diperbaiki hanya dengan melakukan update BIOS via Windows tanpa menggunakan peralatan tambahan.

Namun jangan tergesa-gesa menganggap remeh masalah tersebut, karena bisa juga disebabkan oleh adanya masalah pada motherboard. Salah satunya adalah adanya hal yang tidak sempurna pada Chipset sebagai pembaca Hardisk. Jika fatal, karena terlalu lama dibiarkan saja, maka Chipset harus diangkat dan diganti dengan yang baru, tentu saja butuh biaya tinggi.

Baca juga :   Beresin Komputer Bluescreen dengan Install Ulang, Terbukti!

Jadi jika ada indikasi, segera bawa ke Teknisi terpercaya untuk dilakukan analisa agar masalah segera bisa di deteksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *