Vin Bergoyang, Tak Seberat Yang Dibayangkan, Repair Story Toshiba Laptop

Diposting pada

Saat dibuka sebuah bungkusan yang berisi motherboard laptop toshiba, hati kembali berbinar membaca keterangan yang situlis pada lembaran kertas kecil yang ditempelkan di bagian tengah motherboard. Disana tertulis Tidak mau cas.

Selain Mati total, urusan charging juga selalu menjadi prioritas karena biasanya lebih mudah diperbaiki. Kali ini ternyata sedikit berbeda dengan yang sebelumnya sempat aku bayangkan.

Kisah ini kita ambil dari cerita nyata perbaikan sebuah motherboard laptop jenis Toshiba dengan model C600.

Petualangan pun dimulai dengan pengecekan resistance di jalur DC jack yang tidak menunjukan adanya masalah.

Berlanjut ke jalur setelahnya, disana ada sebuah mosfet N-Channelyang di bagian outputnya juga tidak menunjukkan adanya masalah. Karena keterangan menunjukkan adanya masalah pada charge maka langusng menuju mosfet charge, sebuah mosfet P-Channel yang ternyata juga tidak menunjukkan adanya keanehan, resistance semua jalur terlihat pada kondisi normal.

Baca juga :   Biaya Service Laptop Di Charge Tidak Masuk

Maka langkah selanjutnya kita coba memasukkan sumber power dari Power supply digital yang biasanya dipakai setiap hari.

Berlanjut ke pengecekan tegangan menggunakan multitester digital. Tegangan di DC jack normal 19V. Namun setelah melewati mosfet utama tegangan mulai menunjukkan keanehan, Swing atau bergoyang-goyang. Pada multitester digital menunjukkan bahwa tegangan berubah-ubah tidak menentu. Tentu jika dilihat menggunakan multitester analog akan terlihat sekali jarum bergoyang-goyang menunjukkan tegangan tidak flat alias naik turun. Saya memahami ini bahwa tegangan di output mosfet tidak bisa terkunci sehingga muncul hilang muncul hilang.

Baca juga :   Inilah Patokan Harga IC Charger Laptop Secara Umum

Karena tidak biasa asal cabut asal ganti, maka pengecekanpun kita lanjutkan. Perlu diketahui bahwa pada motherboard ini, mosftet utama sebelum masuk ke jalur Vin ada dua buah, semuanya jenis N-Channel. Dan tegangan di jalur Vin pun juga naik turus. Demikian juga tegangna di pin Gate mosfet utama muncul bergoyang-goyang.

Ada kecurigaan yang tidak menentu antara masalah pada IC charger dan beberapa parameter di bagian pin tegangan kerja IC. Namun perlu di ketahui bahwa tegangan di ACDET yang di atur oleh resistor devider dalam kondisi normal. Disana juga ada diode yang sempat kita lepas karena mencurigakan.

Baca juga :   Biaya Service Netbook Not Charging

Setelah kita lakukan pengecekan lebih lanjut maka mosfet utamapun kita ganti, dan hasilnya tegangan muncul dengan normal.

Sebetulnya sebelumnya sudah ada kecurigaan terhadapt komponen yang bekerja sebagai saklar tersebut, namun karena tidak ada indikasi yang jelas bahwa mosfet tersebut menunjukkan ada masalah maka kita skip untuk lebih fokus ke komponen lain.

So, proses perbaikan selesai dengan penggantian mosfet N-Channel di bagian jalur utama sebelum masuk ke jalur Vin, salam solved.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *