Prosesor 100% Saat Komputer Online, Ini Solusinya

Diposting pada

Kinerja Prosesor atau CPU Usage pada layer Performance tiba-tiba menunjukkan 100% saat terkoneksi dengan internet dan menyebabkan komputer lambat sekali, jika internet di nonaktifkan maka Prosesor kembali normal, dan komputer bisa digunakan dengan normal, apa penyebabnya ?

Prosesor 100% Saat Komputer Online, Ini Solusinya

Sebagaimana diketahui bahwa semakin tinggi spesifikasi prosesor maka semakin ringan menjalankan program apapun, sehingga pada layer Performance hanya beberapa % saja Usage CPU nya, namun perlu diketahui bahwa jika terjadi masalah bisa saja CPU Usage tersebut mencapai 100% atau mendekati level tersebut walaupun spesifikasinya tinggi, hal ini menyebabkan komputer lemot sekali.

Penyebab masalah tersebut bisa beragam, diantaranya adalah adanya virus pada system. Virus ini memaksa Prosesor untuk bekerja keras menjalankan script yang dihasilkan virus sehingga enggan menjalankan program lain, makanya pada kondisi ini kita kesulitan untuk membuka program lain apalagi berselancar di internet.

Baca juga :   Cara Bersihkan Virus Flashdisk

Lalu apa penyebabnya jika prosentase CPU Usage tersebut hanya naik ketika komputer dikoneksikan ke internet baik menggunakan LAN maupun Wifi ? Ternyata pengalaman kami membuktikan bahwa ini juga disebabkan oleh adanya virus yang tentu saja hanya bekerja saat komputer online. Virus ini menjadi benalu di aplikasi browser ( Mozilla, Chrome, dan lain-lain ) dalam bentuk Plugin spam ataupun yang lain.

Baca juga :   Smadav Butuh Suami, Jangan Biarkan Hidup Sendiri

Biasanya ini terjadi pada komputer yang tidak dilengkapi dengan antivirus, atau hanya menggunakan antivirus lokal saja yang tidak bisa memproteksi system dari virus online yang levelnya sudah tinggi. Maka solusinya adalah install antivirus yang dilengkapi dengan proteksi browser, misalnya Avast, Avira, AVG dan lain-lain yang sejenis.

Jangan lupa pastikan semua driver chipset sudah terinstal dengan baik termasuk di dalamnya driver IME ( intel Management Engine ) interface. Karena ini juga mempengaruhi ringan tidaknya kinerja Prosesor.

Baca juga :   Cara Bersihkan Virus Flashdisk

Demikian salah satu penyebab jenuhnya kinerja Prosesor yang ditunjukkan dengan prosentase CPU Usage mendekati angka 100% pada layer Performance.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *