Biaya Service Laptop Layarnya Gelap

Diposting pada

Salah satu kerusakan yang sering juga terjadi pada sebuah laptop adalah bisa dinyalakan namun tidak tampil apapun pada layar monitor. Ini bisa masuk kategori kerusakan ringan namun pada kondisi tertentu juga bisa fatal dan membutuhkan biaya yang tinggi untuk proses perbaikannya.

Kerusakan yang paling ringan adalah disebabkan oleh memori RAM yang tidak bisa bekerja secara optimal sehingga menyebabkan layar monitor gelap karena laptop tidak bisa bekerja. Kerusakan ini dikenal dengan black screen atau no display, atau ada juga yang pake istilah nge-blank.

Kerusakan yang berat disebabkan kerusakan pada chipset yang ada di motherboard.

Diantara beberapa kemungkinan yang menyebabkan kerusakan tersebut adalah:

Baca juga :   Baterai Laptop 0% Terus Tidak Tambah
  1. RAM tidak bekerja dengan optimal. Sebagaimana telah dsinggung diatas, bahwa ini termasuk kerusakan yang paling ringan yang jika beruntung dengan membersihkan pin-pin RAM saja laptop bisa kembali normal. Biaya perbaikan jika dibawa ke teknisi ada di kisaran 50-150rb. Namun bisa juga terpaksa harus mengganti memori RAM yang tentu biaya perbaikannya ditambahi harga RAM sesuai dengan ukuran yang diinginkan pemilik laptop.
  2. Layar monitor rusak. Ini biasanya menunjukkan adanya proses yang normal pada laptop, misalnya muncul suara login Windows dan terlihat indikator hardisk berkedip2 tandanya hardisk bekerja. Namun tidak ada tampilan apapun pada layar monitor. Biasanya jika demikian laptop akan tampil sempurna pada monitor eksternal yang dari awal di colokkan ke port VGA ataupun HDMI. Biaya perbaikan tentu sesuai dengna jenis layarnya. Semakin besar ukuran tentu semakin besar biayanya, demikian juga jenisnya, yang slim lebih mahal daripada yang tebal mode lama. untuk ukuran 14″ slim biaya ada di kisaran 550rb-750rb tergantung modelnya.
  3. Backlight tidak bekerja, yang menyebabkan layar monitor gelap namun jika terkena cahaya terlihat adanya gambar remang2. Ada 2 penyabab secara umum yakni tegangan backlight tidak sampai ke layar dan tegangan backlight memang tidak muncul dari motherboard. Membutuhkan skill khusus untuk repair kerusakan seperti ini. Estimasi biaya ada di kisaran 350rb-500rb.
  4. Chipset VGA tidak bekerja secara optimal. Penyebab ini juga sering terjadi dan membutuhkan biaya perbaikan yang tinggi karena sudah menyangkut perbaikan chipset. Bahkan pada model laptop tertentu biaya bisa mencapai 1jt rupiah.
Baca juga :   Laptop Lemot Sekali Saat Buka Explorer, Pertanda Apa?

Inilah beberapa estimasi biaya yang dibutuhkan untuk perbaikan laptop yang rusak dimana layar monitornya gelap tidak menunjukkan adanya gambar apapun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *